Dunia

Halima Aden, Muslimah Pertama di Kontes Kecantikan Amerika

halima aden
Loading...

GILANGNEWS.COM - Seorang remaja muslim di Amerika Serikat (AS) mencoba mengubah cara pandang negatif terhadap kaum muslim sebagai masyarakat minoritas.

Caranya dengan mengikuti ajang kontes kecantikan Miss Minnesota USA dengan mengenakan hijab. Dia adalah Halimah Aden (19).

Dalam ajang itu, Aden juga mengenakan burkini atau baju muslim selama segmen penampilan baju renang. Aden mendapat tepukan riuh penonton alias sambutan positif.

Aden, yang belum pernah berlaga di kontes sebelumnya, memutuskan untuk mengikuti kompetisi tahun ini untuk memecahkan stereotip negatif dan kesalahpahaman Muslim Amerika, Somalia-Amerika, dan wanita Muslim.

"Saya pikir masalahnya adalah mereka tidak berinteraksi dan mengenal orang-orang Somalia," kata Aden dilansir BuzzFeed.

Aden menjadi remaja Somalia-Amerika yang pertama yang berpartisipasi dalam kontes Miss Minnesota USA.  

Jika mahasiswi St Cloud ini memenangkan dua hari kontes, dia akan bersaing di kompetisi Miss USA 2017 yang mewakili negara bagian Minnesota.

Aden lahir di sebuah kamp pengungsi di Kenya, dan beremigrasi dengan orang tuanya ke Minnesota.

Miss USA Contest adalah gagasan Presiden terpilih Donald Trump selama hampir dua dekade dan ditayangkan di NBC Universal dan Univision.

Miss USA Contest sekarang disiarkan di Fox. Aden sempat berselisih paham dengan ibunya karena harus fokus pada sekolah saja.

Namun Aden pantang menyerah memutuskan untuk maju. Dia membeli burkini atau baju muslim secara online untuk segmen baju renang.

"Hijab adalah simbol yang kita pakai di kepala kita, tapi saya ingin orang-orang tahu bahwa itu adalah pilihan saya," tegasnya.***


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar