Tokoh

Bashaer Othman, Walikota Termuda di Dunia dari Palestina

Bashaer Othman

GILANGNEWS.COM - Suatu hari, Sufian Shadid yang kala itu menjabat sebagai walikota Allar ditantang oleh gadis belia berusia lima belas tahun. Gadis yang masih duduk di bangku SMA itu meminta izin kepada Shadid agar dia dijadikan walikota selama seminggu untuk membuktikan kemampuan dirinya. Shadid, yang memiliki pemikiran terbuka dan majupun mengizinkannya. Langkah yang diambilnya cukup kotroversial.

Langkah itu ternyata memberikan efek yang cukup baik. Shadidpun memberikan kesempatan lebih jauh kepada gadis berparas anggun itu. Diapun akhirnya memberikan posisinya pada si belia itu. Dan kini, inilah dia, Bashaer Othman, walikota termuda di dunia.

Pada bulan kedua setelah menjabat menjadi walikota, Bashaer mengganti 10 anggota dewan Kota Allar dengan 10 pemuda yang kira-kira masih seumuran dengannya. Anggota Dewan tersebut terdiri dari 5 perempuan dan 5 laki-laki.

Padahal sebelumnya, melakukan pekerjaan di pemerintahan bagi perempuan adalah hal yang cukup asing di Palestina. Namun Bashaer percaya bahwa semua manusia derajatnya sama dan memiliki keahlian masing-masing. Dia juga percaya bahwa perubahan akan datang dari pemikiran dan jiwa-jiwa muda.

Ketika menjabat, Bashaer cukup gelisah dengan angka pengangguran di kotanya yang mencapai angka 23,7%. Dia kemudian mencari cara untuk mengurangi angka ini seminimal mungkin.

Bashaerpun pergi ke beberapa negara untuk menawarkan proyek-proyek pada investor asing. Ada tiga proyek yang berhasil diwujudkannya dan menyerap banyak sekali tenaga kerja. Dia juga bisa membuat unit pemadam kebakaran baru dan taman kota yang layak untuk umum.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar