• Follow Us On : 

Nikmati Parade Planet Di Bulan Maret


Dibaca: 626 kali 
Kamis,02 Maret 2017 - 11:06:38 WIB
Nikmati Parade Planet Di Bulan Maret parade ampak dari bumi

GILANGNEWS.COM - Bulan Maret masih diisi dengan parade planet-planet yang akan tampak di langit sejak Matahari terbenam sampai menjelang terbit. Akan ada sedikit pergantian posisi antara Planet Merkurius dan Venus tetapi keduanya masih bisa dinikmati.

Dilansir dari Langitselatan.com, berikut aktivitas planet-planet di tata surya yang dapat diamati sepanjang Maret 2017 ini:

Merkurius. Awal bulan Maret, Merkurius akan sangat sulit untuk diamati karena berada dalam kilauan sang Surya. Merkurius akan mengalami konjungsi superior dengan Matahari pada tanggal 7 Maret dan menghilang dalam kilau Matahari. Ia baru akan tampak kembali di langit pada pertengahan Maret, saat ia menanjak naik di ufuk Barat dan hadir menggantikan Venus setelah matahari terbenam.

Venus. Bintang kejora akan mengawali bulan Maret dengan konjungsi segitiga bersama Bulan dan Mars, si planet Merah. Venus bisa dengan mudah ditemukan karena tampak cerlang di langit setelah Matahari terbenam. Kecerlangannya -4,5 magnitudo dan akan tampak di rasi Pisces. Venus tidak akan berada di langit sepanjang bulan Maret. Seiring orbitnya mendekati Bumi dan berada sejajar di antara Matahari dan Bumi, bintang kejora ini kehilangan ketinggian sampai kemudian hilang di balik kilau Matahari pada pertengahan Maret. Setelah menghilang, Venus kembali hadir di penghujung bulan Maret sebelum fajar menyingsing.

Mars. Planet merah Mars masih menjadi teman setia di langit setelah Matahari terbenam. Di awal bulan Maret, Mars dan Venus masih tampak berjaya bersama saat senja sebelum bintang kejora digantikan Merkurius sampai akhir Maret. Setelah tampak membentuk segitiga bersama Bulan dan Venus pada tanggal 1 Maret, keesokan harinya Mars akan tampak beriringan pada jarak yang cukup jauh di langit. Venus akan jadi yang paling barat disusul Mars dan Bulan. Pertengahan Maret, Mars sudah bergeser dari rasi Pisces ke Aries sampai akhir bulan.

Jupiter. Planet gas raksasa di Tata Surya ini bisa jadi atraksi paling menarik di sepanjang bulan Maret. Jupiter akan setia di rasi Virgo sampai akhir bulan dan tampak sepanjang malam sampai fajar menyingsing. Tanggal 15 Maret, Jupiter akan berkonjungsi dengan Bulan yang saat itu sedang dalam fase cembung besar.

Saturnus. Planet yang terkenal karena cincinnya ini akan tampak sepanjang bulan Maret meski hanya dimulai tengah malam sampai jelang dini hari. Saturnus bisa ditemukan di rasi Aquarius. Tanggal 20 Maret, Bulan akan berkonjungsi dengan Saturnus mulai dari keduanya terbit di ufuk timur sampai ketika Matahari terbit.

Kemudian Uranus. Bagi yang punya teleskop, planet es Uranus dapat dinikmati sepanjang bulan Maret di rasi Pisces.***

Sumber :
Editor :

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media






Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com
Loading...

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :