Dunia

Korut Sebut Kim Jong-nam Tewas Akibat Serangan Jantung

Kim Jong Un-Kim Jong Nam

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Korea Utara menyebutkan warganya tewas di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia pada 13 Februari lalu, disebabkan serangan jantung mendadak.

Dilansir Channel News Asia, Kamis (2/3), melaporkan, seorang diplomat Korut di Malaysia Ri Tong Li yang melontarkan pernyataan tersebut. Dia mengatakan, pria berpaspor Korut dengan identitas Kim Chol itu memiliki riwayat penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Dengan pernyataan tersebut, jelas Korut menampik penyebab matinya Kim Chol atau dikenal juga dengan nama Kim Jong-nam. Pasalnya, otoritas Malaysia pekan lalu mengumumkan, penyebab tewasnya Jong-nam lantaran racun pemusnah massal VX yang mematikan.

Di depan Kedutaan Besar Korea Utara di Kuala Lumpur, Ri menyebut jika sampel racun VX yang digunakan dalam pembunuhan memang ada, harusnya sudah dikirim ke Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) untuk diverifikasi.

"Jika zat itu benar digunakan, maka seharusnya sampelnya dikirimkan ke kantor OPCW," tuturnya.

Sementara itu, pemerintah Malaysia hari ini akan mendeportasi Ri Jong-chol, warga Korut yang ditahan karena diduga terlibat pembunuhan Kim Jong-nam.

"Dia tidak akan diadili di sini, karena tidak ada bukti cukup untuk menahannya," ujar Jaksa Agung Malaysia Mohamed Apandi Ali.***


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar