• Follow Us On : 

Sidak Pasar, BI Provinsi Riau Yakin Kenaikan Harga Tak Akan Lama


Dibaca: 451 kali 
Kamis,09 Maret 2017 - 13:13:12 WIB
Sidak Pasar, BI Provinsi Riau Yakin Kenaikan Harga Tak Akan Lama Kepala BI Perwakilan Riau, Siti Astiyah

Gilangnews.com - Kenaikan harga bahan pokok di sejumlah pasar di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau yang dipasok dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tidak dapat terelakkan. Ini terjadi akibat terputusnya jalan lintas yang menghubungkan dua provinsi tersebut.

Berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak) Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Riau bersama Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kenaikan harga bahan pokok dipicu meningkatnya jasa angkut barang karena terpaksa berputar arah melewati rute Kiliran Jao, Kuantan Singingi (Kuansing) untuk sampai di Riau.

"Tidak dipungkiri kenaikan harga bahan pokok memang terjadi. Untung saja kita masih ada stok, sehingga tidak terjadi kelangkaan, karena kebutuhan masyarakat selama jalan masih dalam perbaikan dapat tercukupi," kata Kepala BI Perwakilan Provinsi Riau, Siti Astiyah dilansir goriau di Pekanbaru, Kamis (9/3/2017) pagi.

Asti pun menyakini, kenaikan harga ini tidak akan berlangsung lama seiring perbaikan jalan putus lintas Riau-Sumbar yang dalam pengerjaan. "Tidak akan sampai seminggu, semua akan pulih," tuturnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman mengimbau masyarakat, khususnya yang berada di Pekanbaru tak perlu risau. Menurutnya, kenaikan harga yang terjadi saat ini masih dibatas wajar.

"Masyarakat tak perlu khawatir. Ini karena ada tambahan ongkos kirim saat proses distribusi. Berputar lintas Sumatera melewati Kuansing, yang awalnya Rp500 bisa jadi Rp1.000," kata Irba.

Sementara itu, salah seorang pedagang di Pasar Kodim, Jalan Teratai Pekanbaru, Nurmala mengatakan bahwa kenaikan harga terjadi pada pasoka bawang merah dan cabai Bukittinggi.

Awalnya, satu kilogram bawang merah dijual seharga Rp25.000 dan naik menjadi Rp35.000 atau terjadi kenaikan Rp10 ribu.

"Untuk Cabai Bukittinggi, biasanya sekilo Rp25 ribu menjadi Rp40 ribu. Ini pun barangnya susah, banyak yang kosong," ungkapnya.***

Editor :
Sumber :
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :