Dunia

Danau di Australia Jadi Pink, Ini Penyebabnya

Danau Pink di Australia

Gilangnews.com - Sebuah danau di Australia berubah warna menjadi pink (merah muda) akibat kadar garam yang ekstrem dan diperparah oleh cuaca panas dalam sebuah fenomena alam yang menyerupai tumpahan cairan beracun.

Kepala Ilmuwan konservatif Raman Victoria Mark Norman, Kamis (9/3), mengatakan peristiwa tersebut diakibatkan respons ganggang hijau di bagian bawah danau di Westgate Park, pinggiran Melbourne terhadap tingkat tinggi kadar garam dan perubahan warna.

"Danau berwarna merah muda tersebut muncul pada musim panas dan terjadi akibat tanaman bersel tunggal bernama Dunalliela yang merespons tingkat ekstrem garam di danau itu," katanya, menambahkan bahwa cuaca panas itu membuat konsentrasi garam lebih tinggi.

"Ini benar-benar alami. Kami sering mendapatkan komentar bahwa peristiwa itu terlihas seperti kecelakaan industri dari cat merah muda."

Dilansir AFP, danau tersebut menarik lebih dari 140 spesies burung serta banyak wisatawan yang penasaran, tetapi pemerintah memperingatkan orang-orang untuk menghindari kontak dengan air merah muda itu, meski tidak berbahaya.***

Sumber: Antara


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar