Nasional

Kapal Pesiar Inggris Hancurkan Terumbu Karang Raja Ampat

Kapal The Caledonian Sky di Raja Ampat. Foto: Stay Raja Ampat

GILANGNEWS.com - Salah satu terumbu karang di Raja Ampat, Propinsi Papua Barat, rusak berat pekan lalu ketika kapal pesiar berbendera Bahama menabrak terumbu karang saat air laut surut. Kapal Caledonian Sky sepanjang 90 meter yang dimiliki oleh operator tur Noble Caledonia, kandas setelah menyelesaikan perjalanan bird-watching ke Pulau Waigeo pada 4 Maret silam.

Caledonian Sky merusak terumbu karang seluas 1.600 meter persegi di situs penyelaman yang dikenal sebagai Crossover Reef. Noble Caledonia menggambarkan kecelakaan itu sebagai “sebuah kemalangan” dan menyatakan bekerja sama sepenuhnya dengan pihak berwenang. Kerusakan kapal sangat minim dan telah berlayar kembali setelah diperiksa para penyelidik dilansir Tempo Minggu (12/3).

Tim evaluasi resmi dari Universitas Papua menemukan bahwa kapal Caledonian Sky terperangkap di perairan yang surut meskipun dilengkapi GPS dan instrumen radar. Sebuah kapal penarik dari Kota Sorong dikerahkan untuk membantu mengapungkan kapal pesiar.

“Ini sesuatu yang seharusnya tidak terjadi karena kerusakan karang lebih buruk," ujar Ricardo Tapilatu, Kepala Pusat Penelitian Pacific Marine Resources di Universitas Papua. Untuk mengurangi kerusakan pada terumbu karang, kapal penarik harus menunggu air pasang untuk mengapungkan kembali Caledonian Sky.
 


Tulis Komentar