• Follow Us On : 

Pedagang Pasar Higienis Pekanbaru Berjualan Di Luar Gedung


Dibaca: 586 kali 
Senin,13 Maret 2017 - 11:30:29 WIB
Pedagang Pasar Higienis Pekanbaru Berjualan Di Luar Gedung pedagang kaki lima penuhi trotoar

GILANGNEWS.COM - Anggota DPRD Pekanbaru keluhkan pengelolaan Pasar Higienis di Jalan Teratai yang kurang pengawasan oleh Pemerintah Kota setempat sehingga berakibat fungsinya tidak maksimal seperti diharapkan.

"Kini pedagang kembali meluber berjualan di pinggir jalan luar gedung Pasar Higienis Jalan Teratai," ucap Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Zulfan Hafis dilansir Antara di Pekanbaru, Senin.

Menurut Zulfan Hafis ada kelemahan dalam tata kelola Pasar Higienis yang sudah dibangun Pemko tahun lalu. Yakni tidak adanya pos penjagaan di wilayah tersebut. Sehingga pedagang tidak tertib dan seenaknya berjualan hingga ke pinggir jalan.

Selain itu sebutnya Pasar Higienis tersebut tidak terlihat, dengan artian gedung bekas sekolah yang disulap jadi lokasi pedagang di bagian depan masih ditutupi pagar. Masyarakat itu tahunya dulu sekolah.

"Harusnya pagar itu dibuka, sehingga transparan," sarannya.

Padahal kritiknya Pemko sudah membangun Pasar Higienis dengan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah besar sementara pemanfaatannya tidak maksimal.

Politikus partai Nasdem ini juga mengkritik tidak tegasnya Pemko untuk menertibkan para PKL yang kini kembali menjamur di badan Jalan Teratai.

"Mengapa pedagang yang sudah masuk ke pasar  Higienis keluar lagi, ini karena kontrol yang lepas dari dinas terkait," tegasnya.

Apalagi sambung dia sesuai Perda PKL sampai saat ini tidak boleh berdagang di trotoar dan bahu jalan. Kalau aturan ini tidak bisa diterapkan itulah yang menjadikan Kota Pekanbaru tidak teratur dan tertib serta semberawut.

"Jangan gara-gara kepentingan tertentu jadi rusak wajah kota ini," tuturnya lagi.

Pantauan antara di lapangan, kini PKL Jalan Teratai kembali memenuhi trotoar dan badan jalan. Keberadaan mereka membuat arus lalulintas yang melalui jalur tersebut macet.

Terminal dan jalan yang akhir tahun lalu sudah ditertibkan oleh Pemko bebas dari PKL, serta diwacanakan akan berfungsi sebagai mana meskinya hanya sekedar proyek kegiatan saja. Buktinya kini wilayah tersebut kembali seperti kondisi semula.

Lampu taman dan keramik yang dibangun di sepanjang trotoar di Jalan Teratai kini juga sudah banyak rusak dan pecah akibat ulah tangan jahil.

Fungsi trotoar sebagai areal pejalan kaki beralih jadi lapak dan parkiran.***

Editor :
Sumber :
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :