Pekanbaru

Antisipasi Kelangkaan, DPP Pekanbaru Siapkan 40 Ribu Gas 3 Kg

Gas Elpiji 3 Kg.

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru menyiapkan sebanyak 40 ribu tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram, guna mengantisipasi apabila terjadi kelangkaan gas bersubsidi tersebut di Kota Pekanbaru. Pihak kelurahan diminta menginformasikan apabila terjadi kelangkaan agar dilakukan operasi pasar.

Kepala Bidang Perdagangan DPP Kota Pekanbaru Masirba Sulaiman mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pertamina. Mereka menyediakan sebanyak 40 ribu tabung gas melon untuk pelaksanaan operasi pasar.

“Kita minta pihak kelurahan menginformasikan ke kita apabila di wilayahnya terjadi kelangkaan, karena sudah siapkan sebanyak 40 ribu tabung gas,” ujar Irba dilansir riaupos,co Senin (20/3).

Menurut Irba, di Kota Pekanbaru sebenarnya tidak ada kelangkaan gas melon itu. Hal itu dibuktikan setelah melakukan operasi di pasar di beberapa wilayah, kondisi saat ini ada asumsi masyarakat bahwa gas 3 kg tersebut akan dicabut ketika pihak Pertamina mengeluarkan gas ukuran 5,5 kg, sehingga aksi beli dari masyarakat meningkat.

”Tidak ada kelangkaan gas, dalam operasi pasar kita lakukan gas yang disediakan tidak habis laku terjual, walau begitu tidak serta merta bisa kita redam. Maka 40 ribu tabung kita siapkan sebagai antisipasi,” ungkapnya.

Pihaknya juga telah mengajukan penambahan kuota gas untuk Pekanbaru sebanyak 60 ribu tabung tiap bulannya. Namun ‎yang dipenuhi oleh Pertamina hanya 30 ribu tabung.

“Kuota kita tiap bulan sebanyak 600 ribu tabung, kita mengajukan penambahan sebanyak 10 persen dari jumlah itu, tapi yang disetujui hanya 5 persen,” ujarnya.

Harga eceran tertinggi (HET) gas 3 kg Rp18.000 per tabung. Apabila ada pangkalan yang menjual melebihi harga tersebut artinya sudah melakukan pelanggaran. Untuk pihaknya meminta agar menginformasikan dan melaporkan pangkalan yang melakukan pelanggaran.


Tulis Komentar