Riau

Longsor, Akses Menuju Candi Muara Takus Terancam Putus

Akses jalan ke Candi Muara Takus yang longsor.

KAMPAR, GILANGNEWS.com - Tidak hanya di Kampar Kiri Hulu, masyarakat Kampar di XIII Koto Kampar dan Koto Kampar Hulu mulai khawatir dengan jalan menuju daerah mereka.
 
Pasalnya akibat hujan yang terus turun, badan jalan provinsi di Desa Pongkai Istiqomah bakal terancam putus apabila tidak ditanggulangi dengan cepat.
 
Selain akses menuju ke perkampunga warga, jalan ini juga merupakan akses menuju objek wisata Candi Muara Takus.
 
Lokasi longsor badan jalan ini terdapat sekira 100 meter sebelum simpang pemukiman warga Desa Pongkai Istiqomah, Kecamatan XIII Koto Kampar dari arah Batu Bersurat.
 
Jum'at pagi, 24 Maret 2017, separuh badan jalan sudah lenyap karena longsor ke dalam jurang sebelah kanan arah ke Simpang Pemukiman Pongkai Istiqomah sehingga mobil harus bergantian masuk sebab hanya muat untuk satu mobil. Panjang badan jalan yang longsor sekira 10 meter.
 
Badan jalan ini menurut warga memang jadi langganan longsor dan rawan longsor karena badan jalan merupakan hasil penimbunan tanah yang menghubungkan dua bukit.
 
Menurut salah seorang warga, Fikri (37), longsor terjadi bersamaan dengan peristiwa longsor di Koto Alam beberapa hari lalu saat itu curah hujan cukup tinggi. Namun beberapa hari ini kondisi longsor di jalan ini semakin parah sehingga pengendara mobil harus bergantian masuk.
 
Badan jalan ini dikhawatirkan semakin hilang karena hujan kembali terus mengguyur daerah ini ditambah lagi lalu lintas truk pengangkut galian c masih padat dan tak kunjung berhenti.  
 
Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Desa Pongkai Istiqomah Muhammad Ali Syam Chinggam (36) menambahkan, badan jalan di lokasi ini mestinya di turap kiri kanan karena badan jalannya merupakan tanah timbunan yang sewaktu-waktu rawan terjadi longsor apalagi datangnya musim hujan.
 
Ia mengaku telah melaporkan kondisi jalan ini empat hari lalu ke Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar. Pihak Dinas PU menyampaikan bahwa akan melaporkan ke Dinas PU Provinsi Riau karena ruas jalan ini berstatus jalan provinsi.
 
"Kami berharap segera diperbaiki karena kalau longsor lagi jalan ini akan terputus, ada ribuan masyarakat yang akan terkendala karena tidak ada jalan alternatif. Lagi pula mau MTQ kabupaten di Tanjung," pungkasnya.***

Sumber: Riausky


Tulis Komentar