Pekanbaru

Lima Pendemo Lakukan Aksi Semen Kaki di Pekanbaru

aksi cor kaki tolak pabrik semen

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Sebanyak 5 aktivis lingkungan hidup dari perwakilan organisasi Walhi, LBH Pekanbaru, Elang, Kaliptra dan Wanapalhi melakukan aksi mengecor kaki mereka dengan semen.

Aksi itu sebagai bentuk Solidaritas Penolakan Pendirian Pabrik Semen oleh PT Semen Indonesia (Persero) di pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah (Jateng).

Aksi penolakan pabrik semen yang juga berlangsung di ruas Jalan Cut Nyak Dien, tepatnya di bawah Tugu Countdown PON, depan Perpustakaan Soeman Hs, Rabu (29/3/17).

Koordinator Solidaritas Tolak Semen Indonesia, Boy Jerry Even Sembiring dalam orasinya, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan operasi pabrik semen yang dijadwalkan berpoduksi April 2017.

"Aksi kami ini sebagai bentuk solidaritas bagi masyarakat Rembang yang terdiri dari para petani yang sejak beberapa hari lkalu menggelar aksi menyemen kaki mereka di depan Kompleks Istana Kepresidenan," katanya, dilansir riauterkini.

Menurut Even Sembiring, mereka bersikukuh menolak keberadaan pabrik semen di lingkungan mereka. Karena pendirian pabrik itu jelas merusak sumber air masyarakat Kendeng, di mana penghasilan kehidupan mereka berasal dari pengunungan itu.

Selain itu, Deputi Direktur Walhi Riau ini juga meminta Mahkamah Agung mencabut izin lingkungan untuk pendirian pabrik semen Indonesia yang telah dikeluarkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Hingga berita ini diturunkan aksi mengecor kaki dengan semen 5 aktivis lingkungan hidup Riau ini masih berlangsung.***


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar