Pekanbaru

Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Akan Dilantik Bulan Ini

Pasangan Firdaus - Ayat Cahyadi sebagai pemenang pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru periode 2017-2022.

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Sesuai tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 101 kabupaten dan kota se Indonesia, bagi yang tidak ada sengketa bakal dilantik pada bulan April ini. Namun kapan pastinya, itu tergantung keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Pelantikan itu ranah dari Mendagri. Besar kemungkinan tiga periode yang sudah sampaikan tadi. Yang tak ada sengketa akan dilantik bulan April ini. Kemudian yang ada sengketa bulan enam (Juni, Red). Dan yang terakhir, jika akhir masa jabatan (AMJ) Kepala Daerah pada bulan Oktober, pelantikannya, Insha Allah pada bulan Oktober,'' ungkap Amiruddin Sijaya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru dilansir riauterkini,com.

Untuk Pilkada Pekanbaru, pasangan pemenang Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus-Ayat Cahyadi, masuk kagetori yang pertama. Pilkada yang tidak ada sengketa.

Soal pelantikan, Ketua KPU Pekanbaru menyebutkan sesuai undang undang, pelantikan bupati dan walikota akan diadakan di ibukota Provinsi. Jadi pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru serta pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kampar kemungkinan besar akan digelar di Kota Pekanbaru.

KPU sendiri sudah menetapkan pasangan Firdaus-Ayat Cahyadi sebagai pemenang Pilkada Kota Pekanbaru berdasarkan Surat Keputusan KPU nomor 11/Kpts/KPU-Kota-004.435265/III/2017.

Dalam putusan itu, Firdaus-Ayat Cahyadi dinyatakan sebagai pemenang Pilwako dengan perolehan suara 94.784 suara atau 33,17 persen dari total suara sah.

Seperti diberitakan sebelumnya, Firdaus-Ayat yang diusung koalisi Partai Demokrat-PKS-Gerindra ini mengalahkan perolehan suara paslon lain, seperti Destrayani Bibra-SUA dengan 62.501suara (21,87 persen), disusul paslon M Ramli-Irvan Herman dengan 59,694 suara (20,89).

Peringatan keempat dan kelima dalam perolehan suara diraih paslon Herman Nazar, SH, MSi-Defi Warman dengan 46.606 suara (16,31 persen) serta Syahril-Said Zohrin dengan 22.202 suara (7,77 persen).***


Tulis Komentar