• Follow Us On : 

Kasus Sialang Bungkuk Nomor 1 Terbanyak di Dunia Napi Kabur dari Lapas


Dibaca: 1027 kali 
Sabtu,06 Mei 2017 - 15:00:29 WIB
Kasus Sialang Bungkuk Nomor 1 Terbanyak di Dunia Napi Kabur dari Lapas

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Kaburnya 200 lebih tahanan kabur dari Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Jumat (5/5/2017) siang kemarin. Ratusan napi ini terlihat berlarian dalam jumlah yang besar bak ayam keluar kandang.

Hingga malam tadi, memang sebagian besar sudah berhasil ditangkap ataupun menyerahkan diri. Akan tetapi puluhan tahanan dan napi lainnya masih dalam pengejaran petugas kepolisian dibantu aparat dari TNI dan Satpol PP.

Para tahanan yang kabur ini bahkan ada yang tertangkap sudah jauh dari lokasi Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru , seperti di Kabupaten Kampar dan Pelalawan.

Setakad ini pihak terkait memang belum merilis data pasti berapa jumlah tahanan yang melarikan diri. Disebut-sebut jumlahnya mencapai 260 tahanan.

Jika memang jumlahnya mencapai 260 tahanan yang kabur, maka ini menjadi kasus terbesar dalam sejarah dan berada diperingkat nomor 1 Dunia Napi terbanyak kabur dari Lapas. Maka tidak heran peristiwa ini beberapa media internasional turut memberitakan peristiwa tersebut seperti Reuters, Fox News serta Channel NewsAsia.

Menurut ke belakang, berikut kasus kaburnya tahanan yang melarikan diri di beberapa negara. Jika dilihat, kasus Sialang Bungkuk menjadi yang terbesar.

1. 172 Tahanan Kabur di Penjara Port-au-Prince, Haiti

Pada 22 Oktober 2016, sebanyak 172 tahanan kabur dari sebuah Penjara Arcahaie di ibu kota Haiti, Port-au-Prince. Akibat dari aksi tersebut, seorang sipir ditembak mati dan dua lainnya terluka.

Otak dari pelarian massal tersebut bernama Yvener Carelus, seorang napi kasus penculikan.
Aktivis HAM Pierre Esperance mengatakan, di dalam penjara Arcaihe dihuni banyak penjahat ternama yang ditahan karena kasus pencurian, perkosaan, penculikan, dan penyelundupan narkoba.

2. 158 Napi Kabur di Penjara Cotabato Utara, Kidapawan, Filipina

Setidaknya, sejumlah 158 napi kabur di penjara distrik Cotabato Utara pada awal Januari 2017. Militan bersenjata menyerbu sebuah penjara di Filipina bagian selatan pada Rabu dini hari (4/1). Seorang sipir tewas tertembak dan ratusan narapidana berhasil melarikan diri.

Ada 1.511 narapidana di penjara itu, sedikitnya 158 berhasil kabur di tengah serangan tersebut.  Seorang sipir, Peter Bongat mengatakan, serangan tersebut terencana, mereka kabur menggunakan selimut. Selain itu, kelompok yang menyerang penjara tersebut diduga terkait Front Pembebasan Islam Moro atau MILF.

Pada tahun 2014 sebenarnya pemerintah Filipina telah berdamai dengan MILF, namun pertempuran masih terus terjadi dengan faksi-faksi kecil kelompok militan Muslim itu.
Baca juga: Militan Serbu Penjara Filipina, 158 Napi Kabur

3. 150 Tahanan Kabur di Penjara Brasil

Sebanyak 150 tahanan di penjara Basil berhasil melarikan diri pada 24 Januari 2017. Peristiwa ini terjadi setelah kerusuhan yang memicu kebakaran pada sebagian penjara tersebut.

Para pejabat penjara mengatakan, narapidana memberontak terhadap disiplin ketat instalasi. Pihak berwenang menduga pula, gerombolan penjahat yang teroganisir berada di belakang peristiwa tersebut.

4. 109 Tentara Amerika yang Dipenjara Melarikan Diri dari Penjara Libby, Richmond, Negara Bagian Virginia.

Peristiwa itu terjadi pada malam hari tanggal 9 Februari 1864. Sebanyak 109 tahanan melarikan diri, 59 lainnya berhasil mencapai garis wilayah Amerika. Namun, 48 tahanan berhasil ditangkap dan dua tahanan tenggelam di Sungai James.

Kasus tahanan kabur dari Penjara Libby adalah salah satu kasus melarikan diri paling terkenal dan sukses selama terjadinya perang sipil di Amerika Serikat. Para tahanan berusaha melarikan diri melalui ruang bawah tanah, yang dikenal sebagai lobang tikus neraka, yang tidak lagi digunakan karena adanya serangan hama tikus, dan menggali sebuah terowongan. Setelah 17 hari menggali, mereka berhasil menerobos tanah sepanjang 15 meter di sisi timur penjara dan berakhir di bawah gudang tembakau.

5. 38 Tahanan Kabur dari Penjara Maze, Irlandia Utara

Insiden tersebut terjadi pada 25 September 1983 di Wilayah Waze, Irlandia Utara. Pelarian dari Penjara Maze menjadi kasus tahanan kabur terbesar dalam sejarah penjara di Inggris.
Beberapa hari kemudian 19 tahanan berhasil ditangkap. Beberapa kelompok tahanan melarikan diri ke Amerika Serikat. Namun pada akhirnya diekstradisi AS.

6. 31 Napi dan Tahanan Lapas Kelas IIIB Banjarbaru Kalsel Kabur

Akhir Desember 2016, sebanyak 31 napi dan tahanan kabur dari Lapas Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Hal ini terjadi karena kerusuhan antara para penghuni Lapas dengan penjaga. Para sekelompok tahanan meminta penjaga untuk melepaskan seorang tahanan dari sel isolasi.

Namun, permintaan tersebut tidak dipenuhi oleh penjaga. Situasi menjadi memanas dan berujung kerusuhan. Dua polisi khusus yang menjaga saat itu tidak mampu membendung amuk para tahanan dan terpaksa membiarkan mereka untuk membobol pintu besar di dinding luar lapas.

Editor : Zulfikri
Sumber : cakaplah.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :