• Follow Us On : 

141 Napi Kabur Diminta Menyerahkan Diri, Kalapas Jamin Tidak Ada Perlakuan Kasar Lagi


Dibaca: 475 kali 
Selasa,09 Mei 2017 - 20:50:35 WIB
141 Napi Kabur Diminta Menyerahkan Diri, Kalapas Jamin Tidak Ada Perlakuan Kasar Lagi

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Perburuan terhadap ratusan tahanan yang melarikan diri dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru masih dilakukan secara besar-besaran oleh Polda Riau dan jajaran. Hingga Selasa (9/5/2017) siang tadi sudah 307 orang yang diamankan kembali atau menyerahkan diri.

Artinya, masih ada sekitar 141 tahanan dan narapidana lainnya yang masih berkeliaran. Untuk itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Rutan Sialang Bungkuk, Azhar yang baru ditugasi beberapa hari ini menggantikan kepala Rutan lama yang sudah dipecat, meminta agar para tahanan ini segera kembali.

Dirinya juga mengimbau kepada keluarga (tahanan, red) supaya membujuk warga binaan tersebut agar mau kembali ke Rutan Sialang Bungkuk. Azhar menjamin, siapa pun tahanan kabur yang menyerahkan diri, tidak akan mendapat perlakuan kasar dari petugasnya.

"Untuk keluarga tahanan, bujuk mereka untuk kembali menjalani hukuman di sini, tidak akan ada kekerasan apa pun bagi yang menyerahkan diri. Yang lain yang sudah kembali tidak ada satu pun yang dilukai atau pukuli," yakin dia diwawancarai di Rutan Sialang Bungkuk, Selasa sore.

Lima hari pasca pecahnya kericuhan hingga membuat 448 orang tahanan melarikan diri, Azhar memastikan bahwa kondisi Rutan sudah kondusif. Aktivitas juga telah kembali pulih seperti biasa. Perbaikan infrastruktur yang sempat dirusak juga sudah dilakukan, seperti pagar, pintu, dapur dan sebagainya.

Saat ini, total tahanan di Rutan Sialang Bungkuk berjumlah sekitar 1.313 orang. Sebagiannya telah dievakuasi ke Rutan dan Lapas yang berada di Provinsi Riau. "Pelayanan Besuk keluarga juga sudah normal, pasokan makanan lancar, dapur sudah bisa dioperasionalkan," yakinnya.

"Pelayanan kunjungan sudah dibuka sejak Senin pagi. Kita sudah Layani semaksimal mungkin, asalkan peraturan jalan. Soal ibadah bagi agama Islam sudah bisa salat berjamaah penuh waktu dan bagi yang Kristen kita buka pelayanan kebaktian," tutupnya. ***

Editor : Teguh Nofandi
Sumber : goriau.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :