• Follow Us On : 

Anggota DPR RI Perwakilan Riau Tolak Kenaikan Tarif Listrik


Dibaca: 423 kali 
Selasa,13 Juni 2017 - 17:26:19 WIB
Anggota DPR RI Perwakilan Riau Tolak Kenaikan Tarif Listrik

GILANGNEWS.com - Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Sayed Abubakar Assegaff, menolak kenaikan tarif listrik 900 VA. Menurut dia kenaikan itu sangat tidak tepat karena membebani golongan masyarakat nyaris miskin pelanggan listrik 900 VA.

"Kenaikan Tarif Listrik untuk pelanggan golongan 900 VA tidak tepat. Lebih baik PLN fokus melakukan efisiensi agar losses bisa ditekan sekaligus bisa memperkuat keuangannya," papar Sayed di Jakarta, Selasa (13/6/2016).

Pernyataan Sayed tersebut sebagai respon atas langkah Pemerintah yang telah menaikkan Tarif dasar Listrik golongan konsumen 900VA sebesar 143 persen, dari Rp 605/kwh ke Rp 1.352 /kwh, secara bertahap bagi sekitar 18,7 juta pengguna. Adapun total pengguna listrik golongan konsumen 900VA adalah sebanyak 23 juta rumah tangga.

Menurut Sayed kenaikan sebesar 143 persen tersebut akan sangat membebani masyarakat pelanggan listrik golongan 900 VA. Terlebih lagi saat ini masyarakat tengah menghadapi kebutuhan pengeluaran rumah tangga yang tidak sedikit.

"Saat ini selain menghadapi lebaran, sebagian masyarakat juga akan memasukkan anak-anaknya ke jenjang sekolah lebih tinggi. Kenaikan Tarif Listrik tersebut sangat memberatkan. Saya minta untuk dibatalkan," papar dia.

Sayed mengingatkan bahwa dalam beberapa rapat dengan Menteri ESDM maupun Direktur Utama PT PLN, Komisi VII tidak pernah menyetujui penghapusan subsidi yang berujung dalam bentuk kebaikan tarif listrik. Komisi VII hanya minta agar subsidi energi tepat sasaran.

Sayed juga mengingatkan langkah menaikan tarif listrik ini juga berlawanan dengan keinginan pemerintahan Presiden Jokowi yang menghentak pemerataan. Sebab kenaikan tarif listrik untuk masyarakat hampir miskin ini justru semakin memperlebar jurang kaya dengan miskin.

Editor : Teguh Nofandi
Sumber : Cakaplah.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :