• Follow Us On : 

Video Detik-Detik Ambruknya Jembatan Tanjunggadai, 40 Warga Tercebur ke Laut


Dibaca: 525 kali 
Selasa,27 Juni 2017 - 16:14:42 WIB
Video Detik-Detik Ambruknya Jembatan Tanjunggadai, 40 Warga Tercebur ke Laut

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Jembatan di Desa Tanjunggadai Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti, Riau, ambruk, Selasa (27/6/2017). Sekitar 40 warga yang sedang berada di atas jembatan ikut tercebur ke laut.

Peristiwa nahas itu terjadi Selasa pagi. Dimana, ada sekitar 40 orang masyarakat Tanjunggadai akan berangkat ke Selatpanjang dan berhenti di ruang tunggu jembatan. Saat warga memadati bagian ruang tunggu tepatnya di ujung jembatan, tiba-tiba terjadi goyangan hebat dan (jembatan) seketika ambruk.

40 warga yang ada pagi itu langsung ikut tercebur ke laut. Beruntung saat itu air dalam keadaan surut. Sehingga arus air laut tak begitu deras dan proses evakuasi korban yang tercebur ke laut pun tidak menemui kendala yang berarti.

Kades Tanjunggadai, Rasyid, ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Kata Rasyid, jembatan itu ambruk karena dimakan usia. Jembatan tersebut dibangun masyarakat setempat saat Kepulauan Meranti masih menjadi bagian dari Kabupaten Bengkalis.

"Jembatan itu dibangun zaman Bengkalis. Tapi oleh masyarakat," kata Rasyid.

Kata Rasyid lagi, tak jauh dari jembatan kayu yang ambruk, ada satu pelabuhan batu yang dibangun Pemda Bengkalis. Hanya saja, untuk pelabuhan Bengkalis ini tidak dilengkapi atap pada ruang tunggu. Sehingga masyarakat lebih sering menggunakan pelabuhan kayu (yang ambruk itu, red).

Untuk korban yang tercebur ke laut, dari total sekitar 40 orang itu, hanya satu yang mengalami luka ringan di bagian kening. Sementara 39 orang lainnya hanya basah kuyup. "Tidak ada yang cedera parah. Malah yang luka di kening tidak mau dijahit," ujar Rasyid.

Atas kerusakan yang terjadi, Pemdes Tanjunggadai tetap akan memperbaiki jembatan tersebut. Jembatan kayu tetap difungsikan, sementara di Jembatan Pemda akan dipasang atap. "Tetap kita perbaiki. Kalau satu pelabuhan, terjadi kerusakan akan menghambat aktivitas warga. Kita perbaiki menggunakan dana desa," kata Radyid.

Madi, salah seorang warga setempat mengatakan, jembatan ambruk karena tiang kayu sudah ada yang putus. Hanya saja, kerusakan tidak terlihat lantaran tiang jembatan yang putus sering terendam air.

Ambruknya jembatan sempat terekam kamera salah seorang warga dan menyebar di media sosial. Terlihat warga panik dan penyelamatan pun sangat dramatis. Di bawah reruntukan jembatan, masih banyak warga yang harus dinaikkan ke ponton.

Terlihat juga puluhan life jacker dilemparkan ke laut untuk diberikan kepada korban. ***

Editor : Teguh Nofandi
Sumber : goriau.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :