Riau

Balap Liar dan Geng Motor Resahkan Warga Bangkinang

Loading...

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Fenomena balap liar dan geng motor telah membuat resah masyarakat di Kabupaten Kampar, khususnya di Kota Bangkinang.

Menindaklanjuti hal ini, Polres Kampar menggelar rapat koordinasi eksternal terkait penanggulangan kegiatan  balap liar dan geng motor di wilayah Kabupaten Kampar, Jumat (21/7/2017) di ruang data Mapolres Kampar.

Rakor ini dipimpin langsung Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto didampingi Waka Polres Kompol Basa Emden Banjarnahor dan dihadiri para Kabag dan Kasat jajaran Polres Kampar.

Dari stake holder terkait hadir Pasi Intel Kodim Kapten Arh Aswin Sembiring mewakili Dandim 0313/KPR, Pasi Intel Yonif 132/ BS Kapten Inf M. Manurung mewakili Danyon 132/Bimasakti, Kabid Gakda El Fauzan mewakili Kasatpol PP Kampar, Kabid Pemuda dan Olahraga M.Saleh mewakili Kadispora Kampar, Kabid Perhubungan Yurnalis mewakili Kadis Perhubungan Kampar.

Kapolres Kampar menyampaikan balap liar dan keberadaan geng motor ini telah meresahkan masyarakat luas karena sangat mengganggu ketertiban umum, untuk itu perlu langkah tegas dari aparat terkait untuk mencegah, menertibkan dan menindak para pelaku demi keamanan dan kenyamanan seluruh lapisan masyarakat.

Ia juga memaparkan tentang latar belakang munculnya fenomena geng motor dan kegiatan balap liar di kalangan pemuda dan remaja ini, yang berawal dari ketidaktertiban dalam berlalulintas, kurangnya perhatian dari orang tua, masalah keluarga dan salah dalam pergaulan.

Dalam rapat ini juga dibahas tentang cara bertindak oleh tim gabungan nantinya antara lain dengan melakukan kegiatan preentif dan preventif dengan melakukan patroli secara terpadu serta melakukan himbauan, hingga tindakan refresif melalui penegakkan hukum secara profesional dan terukur.

Kepada para pelanggar yang terjaring nantinya dalam operasi gabungan ini akan dilakukan penilangan dengan barang bukti kendaraannya, serta melakukan proses hukum terhadap pelaku apabila terindikasi melakukan tindak pidana ataupun keterlibatan dalam penyalahgunaan narkotika.

"Saya mengimbau para pemuda dan remaja untuk tidak terlibat dengan kegiatan balap liar dan geng motor  karena tidak ada manfaatnya dan hanya merugikan diri sendiri, keluarga maupun masyarakat, lebih baik isi waktu dengan kegiatan positif yang bermanfaat," ujar Kapolres Kampar.

Pada kesempatan ini semua stake holder terkait baik dari jajaran Polri-TNI maupun jajaran dari Pemkab Kampar menyatakan mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan   mereka akan bersinergi untuk melaksanakan kegiatan ini secara terpadu.

Hasil rapat ini akan segera ditindaklanjuti dengan rapat antar pimpinan untuk menentukan waktu pelaksanaan, jumlah personil yang akan diturunkan maupun hal-hal teknis terkait pelaksanaannya.
 


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar