• Follow Us On : 

Pekanbaru Gagal Raih Adipura Gara-gara Media Sosial


Dibaca: 551 kali 
Rabu,02 Agustus 2017 - 17:35:04 WIB
Pekanbaru Gagal Raih Adipura Gara-gara Media Sosial

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Tiga Kabupaten di Riau berhasil meraih Piala Adipura tahun 2017. Ketiganya adalah Kabupaten Kuantan Singingi, Siak dan Bengkalis. Sementara Kabupaten Kampar, Pelalawan, Inhu dan Kota Dumai menerima penghargaan berupa Sertifikat Adipura.

Sedangkan Kota Pekanbaru kembali gagal menerima Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHK). Gagalnya Pekanbaru meraih penghargaan ini, menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Zulfikri, disebabkan adanya laporan kepada KLHK RI.

"Gugurnya Pekanbaru meraih Piala Adipura karena adanya laporan baik dari LSM ataupun status di media sosial ke Menteri Lingkungan Hidup. Ini bukan pembelaan kami, tapi informasi ini kami dapat dari Pak Dirjen. Data-data laporan ini lengkap sama Pak Dirjen," kata Zulfikri, Rabu (2/8/2017).

Dikatakan Zulfikri, gagalnya Pekanbaru meraih Piala Adipura tahun ini sudah sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Ia menyebut, kasus sampah tahun ini sudah sangat dibesar-besarkan di saat Pekanbaru sudah 99 persen mendapatkan Adipura.

"Laporan banyaknya sampah di Pekanbaru itu tak sesuai dengan fakta di lapangan. Siang malam loh petugas kami bekerja mengangkut sampah di Pekanbaru. Kalau tak terbukti, harusnya jangan dibesar-besarkan," cakapnya.

Saat disinggung apakah Walikota Pekanbaru, Firdaus sudah tahu Pekanbaru kembali gagal meraih Adipura selama empat tahun berturut-turut, Zulfikri menyebut orang nomor satu di Pekanbaru sudah mengetahui. "Pak Wali sudah tahu. Saya sudah sampaikan juga ke Pak Wali dan beliau menerima keputusan ini," imbuhnya.

Tiga Daerah Raih Adipura

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman bersama sejumlah kepala daerah turut menghadiri puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Rabu (2/8/2017).

Dalam acara yang dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo itu, tiga kabupaten di Riau yakni Kuansing, Siak dan Bengkalis menerima penghargaan berupa Piala Adipura. Sementara Kabupaten Kampar, Pelalawan, Inhu dan Kota Dumai menerima penghargaan berupa Sertifikat Adipura. Salah satu sekolah di Riau, yakni SMPN 20 Pekanbaru menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Presiden menyaksikan pemberian empat jenis penghargaan kepada perorangan, kelompok, kepala daerah serta sekolah yang turut berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan. Ada empat penghargaan yang diberikan, yakni Kalpataru, Adipura, Adiwiyata dan Nirwasita Tantra.

Pada kesempatan itu, Presiden sekaligus membuka Rapat Kerja Nasional 2017, Pekan Nasional Perubahan Iklim dan Kemah Generasi Lingkungan untuk Konservasi yang juga dilaksanakn bersamaan dari tanggal 2 hingga 4 Agustus 2017.

Presiden dalam sambutannya, antara lain mengajak masyarakat agar jangan pernah berpikir linear dan monoton, sehingga dalam sekian tahun pengelolaan hutan tidak ada terobosan. "Padahal kita harus punya terobosan," ujar Jokowi.

Hadir dalam acara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Editor : Teguh Nofandi
Sumber : Cakaplah.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :