• Follow Us On : 

Ini Penjelasan Dokter Mengenai Penyakit Kulit Mengelupas yang Diderita Hafizi


Dibaca: 346 kali 
Sabtu,19 Agustus 2017 - 10:28:27 WIB
Ini Penjelasan Dokter Mengenai Penyakit Kulit Mengelupas yang Diderita Hafizi

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Ternyata penyakit kulit aneh yang diderita bayi malang, Hafizi (4 bulan), baru pertama kali ditemui pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad, Pekanbaru, Riau. Biasanya penyakit dengan sebutan ritroderma atau dermatitis eksfoliativa sering diderita oleh orang dewasa.

Untuk diketahui penyakit yang diderita bayi pasangan dari Misdianto dan Dewi Lestari, warga Kampar Kiri Hilir ini telah merusak seluruh kulit Hafizi, dari ujung kepala hingga kaki. Saat ini Hafizi dirawat secara intensif di ruang HCU RSUD Arifin Ahmad dengan penangan serius oleh dua dokter sekaligus.

"Secara klinis penyakit ini dinamakan eritroderma atau dermatitis. Dan itu penyakit sudah dari sononya (bawaan genetik, red), biasanya ini banyak diderita orang dewasa. Tapi ini kan dialami bayi, dan sudah menyebar banyak di seluruh tubuh," kata Dirut RSUD Arifin Ahmad, Nuzelly Husnedi, Sabtu (19/8/2017).

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, penyakit yang diderita Hafizi merupakan faktor bawaan genetik. Bukan karena faktor lain atau obat-obatan yang dikonsumsi ibunya saat hamil.

"Jadi ini penyakit bukan disebabkan karena obat, tapi juga bisa saja dari bawaan genetik. Jadi auto imun atau yang kita bawa sendiri tapi tak kebal dari penyakit yang kita bawa," terangnya.

Namun karena kondisinya sudah banyak dan menyebar, harus diambil tindakan medis dengan menjaga dehidrasi dan infeksi. Pihak RSUD sendiri dalam penanganannya harus dua orang dokter sekaligus, dokter anak dan dokter penyakit kulit.

"Sementara ini tim medis akan berusaha maksimal. Saat ini upaya tertinggi sudah didapatkan bayi. Namun ini bergantung kepada kekuatan tubuh bayi itu sendiri. Tentu kita berharap dan kita doakan dalam waktu tidak lama penyakit diderita bayi tersebut akan sembuh, kasian kita lihatnya," tandasnya.

Editor : Teguh Nofandi
Sumber : Cakaplah.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :