Pekanbaru

Peraturan Ketat, Banyak Peserta CPNS Gugur Sebelum Ujian

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM di Provinsi Riau, diikuti ribuan peserta yang datang dari berbagai daerah. Namun ketatnya peraturan, tidak sedikit peserta yang gugur sebelum ujian dimulai.

Hal ini dirasakan Rizal, salah seorang peserta CPNS. Pria asal Selatpanjang, Kepulauan Meranti ini gagal menjadi CPNS di lingkungan Kemenkum HAM setelah dirinya salah membawa pas foto. "Saya salah bawa foto, salah ukuran dan latar warnanya untuk dilampirkan  pada berkas pendaftaran," ujar Rizal.

Ia mengaku kecewa berat gagal menjadi CPNS padahal ia jauh-jauh datang dari Selatpanjang dan menumpang tiga hari di kos rekannya di Kecamatan Tampan Pekanbaru. “Saya jauh-jauh dari Selatpanjang hanya untuk tes CPNS karena penerimaannya hanya lima tahun sekali, minat menjadi CPNS sudah sejak lama," ujar pria 24 tahun ini.

Hal yang sama juga dirasakan Emelia Putri asal Pekanbaru. Kepada Emelia di GOR Tribuana Pekanbaru membenarkan tidak hanya peraturan yang ketat seperti pakaian dan persyaratan administrasi tetapi soal ujian Computer Assisted Test (CAT) juga rumit dan harus diselesaikan dalam tempo singkat.

Sebagaimana diketahui peserta ujian CPNS Kemenkumham dan Mahkamah Agung 2017 saat ini sedang menjalani tes Seleksi Kompetensi Dasar. Seleksi kedua untuk berbagai jabatan ini diselenggarakan pada tanggal 11 - 16 September 2017.

Untuk soal Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) para peserta minimal harus mendapatkan nilai 75, Tes Intelejensi Umum (TIU) minimal 80, dan Tes Karakter Pribadi nilainya adalah 143.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar