• Follow Us On : 

Ditemukan Bunga Bangkai di Kampar Riau Tertinggi di Dunia


Dibaca: 544 kali 
Selasa,19 September 2017 - 11:43:00 WIB
Ditemukan Bunga Bangkai di Kampar Riau Tertinggi di Dunia

KAMPAR, GILANGNEWS.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Riau menemukan dua (Amorphophallus gigas) di Cagar Alam Bukit Bungkuk, Kabupaten Kampar, Riau, mekar. Bunga langka yang tumbuh di tepi Sungai Singalan Kiri itu yang satu tumbuh mencapai 3,97 meter.

"Sedangkan bunga satunya lagi mencapai 3,30 meter. Dan baru akan siap mekar," kata Juru Bicara BKSDA Riau Dian Indriati, Ahad, 17 September 2017.

Dian mengklaim, bunga bangkai yang mekar di Bukit Bungkuk merupakan temuan dengan ukuran paling tinggi di dunia karena mempunyai batang yang menjulang.

Bunga bangkai itu ditemukan oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah III, Bintang Hutajulu, bersama masyarakat Desa Bukit Melintang. Satu bunga tersebut sudah mekar sejak Jumat pagi, 15 September 2017.

Sekadar informasi, butuh proses bertahun-tahun untuk bunga ini mekar. Setelah fase berbunga (generatif), A. gigas akan memasuki masa dorman (istirahat), setelah itu masuk ke fase vegetatif (berdaun).

Bunga yang sama juga ditemukan oleh Tim Balai Besar KSDA Riau yang sedang melakukan survey kondisi ekologi dalam rangka penyusunan blok pengelolaan Cagar Alam Bukit Bungkuk. Bunga itu tumbuh di antara tanaman karet dan beberapa rumpun bambu dengan tinggi sekitar dua meter, di batas kawasan Cagar Alam Bukit Bungkuk, tepatnya Desa Merangin pada, Rabu, 13 September 2017.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Riau, Bintang Hutajulu, mengajak masyarakat dan ninik-mamak (tetua) setempat untuk turun ke lokasi mengukur kedua bunga tersebut.

"Agar dapat bersama-sama menyaksikan bunga langka di dalam kawasan Cagar Alam Bukit Bungkuk dan menjaga temuan dahsyat tersebut," tuturnya.

Di kawasan Cagar Alam Bukit Bungkuk sendiri terdapat dua jenis bunga bangkai yang pernah ditemukan yaitu: A. gigas dan A. titanum.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Mahfud sangat berbesar hati dengan temuan itu. "Ini menunjukkan bahwa kawasan tersebut masih dalam kondisi bagus. Kami mengajak masyarakat untuk bersama sama menjaga kawasan Bukit Bungkuk terutama dari pengrusakan hutan," katanya.

Editor : Teguh Nofandi
Sumber : datariau.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :