Pekanbaru

Walikota Firdaus Bersihkan Aliran Sungai Sago Bersama Warga

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Bersempena Hari Kebangkitan Pancasila (HKP) tahun 2017, Walikota Pekanbaru, Firdaus bersama masyarakat di Kecamatan Pekanbaru Kota menggelar gotong royong membersihkan aliran sungai Sago yang sering tersumbat hingga menyebabkan banjir saat hujan.

Disela-sela gotong royong, Firdaus yang terlihat didampingi Plt Kadis PUPR, Dedi Gusriadi, Kepala DLHK, Zulfikri dan Camat Pekanbaru Kota, Norpendike mengimbau masyarakat agar selalu menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Jaga kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah ke aliran sungai. Jika masyarakat tidak menjaga kebersihan, maka hal ini akan berdampak terjadi banjir di wilayah warga. Untuk itu, mari kita sama-sama bersihkan drainase dan aliran air yang sering menyebabkan banjir," kata Firdaus, Ahad (1/10/2017).

Firdaus menyebutkan, ia telah instruksikan satuan kerja (Satker) terkait untuk berkoordinasi guna menuntaskan banjir di kota Pekanbaru.

"Satker terkait harus cepat lakukan penanganan agar musibah banjir ini tidak selalu terjadi disaat musim hujan tiba. Satker jangan diam saja kalau melihat ataupun mendapatkan laporan adanya titik jalan yang terendam banjir, segera turun tangan," tegasnya.

Dikatakan orang nomor satu di Pekanbaru itu, pihaknya bersama satker terkait juga akan meninjau langsung titik lokasi yang sering dilanda banjir saat hujan deras. Ia bahkan menyebutkan, semasa menjadi Kadis PU Provinsi telah mengusulkan perbaikan Box Culvert di beberapa titik lokasi yang sering rawan banjir.

"Hal ini karena bocx culvert itu sangat kecil sehingga tak mampu menampung debit air. Jalan Sudirman itu jalan Nasional perbaikannya dari Kementrian PU Pusat kita hanya bisa mengusulkan melalui PU Provinsi. Jadi untuk aliran sungai ini, mari kita sama-sama bersihkan agar banjir tak melanda lingkungan warga," tukasnya.


Tulis Komentar