• Follow Us On : 

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru Minggu Depan


Dibaca: 403 kali 
Minggu,15 Oktober 2017 - 10:37:43 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru Minggu Depan

PADANG?Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat dijadwalkan akan memantau dan meresmikan pembangunan jalan tol Trans Sumatra ruas Padang ? Pekanbaru di ibu kota provinsi Sumatra Barat.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan Presiden Jokowi akan meresmikan pembangunan jalan bebas hambatan tersebut.
"Sekitar tanggal 14 dan 15 Oktober Presiden akan datang ke Sumbar terkait pengerjaan jalan tol Padang ? Pekanbaru," ujar Irwan, Selasa (3/10/2017).

Gubernur Sumbar sudah menggelar rapat persiapan kedatangan Presiden ke daerah itu. Selain meresmikan rencana pembangunan tol Padang ? Pekanbaru, Jokowi juga dijadwalkan meresmikan pengendalian banjir Batang Anai, peresmian pabrik Indarung VI PT Semen Padang, pemberian akta tanah, dan mengunjungi Akademi Pelayaran.

Irwan menuturkan pembangunan tol Padang ? Pekanbaru dimulai dengan ruas Padang ? Sicincin sepanjang 27 kilometer, dan dilanjutkan ke Bukittinggi. Begitu juga sebaliknya dari arah Pekanbaru ? Bangkinang, hingga ke Payakumbuh, Sumbar.

Sebelumnya, pemerintah memastikan pembangunan jalan tol sepanjang 240 kilometer dengan nilai investasi yang diperkirakan mencapai Rp35 triliun itu dibiayai melalui skema pinjaman pemerintah, yang sebagian kontruksinya dari pinjaman Japan International Cooperation Agency (JICA).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Herry Trisaputra Zuna mengatakan pihaknya pada bulan ini kembali mengadakan pertemuan dengan JICA untuk membahas detail pelaksanaan pembangunan tol tersebut.

"Mereka [JICA] komit untuk membiayai setidaknya di bagian rencana tunnel-nya di daerah gambut. Secara bersama-sama nanti diselesaikan, tetapi penugasannya sudah ke HK [Hutama Karya]," ujarnya.

Menurutnya, semula pembangunan direncanakan melalui skema pendanaan langsung kepada PT Hutama Karya, namun opsi tersebut membutuhkan prosedur yang lebih lama, sehingga dialihkan menjadi skema pinjaman pemerintah.

Dia menjelaskan fasilitas pinjaman yang tengah dijajaki berupa private sector investment finance (PSIF) dari JICA, yaitu pinjaman bertenor panjang selama 20 tahun dengan grace period selama 10 dan bunga rendah.

Sebelumnya, Dinny Suryakencana, Manager Senior Bidang Teknik Pembangunan Tol Trans Sumatra PT Hutama Karya mengatakan rencana pembangunan tol penghubung ruas Padang ? Pekanbaru tersebut akan dibagi dalam tiga tahap.

"Untuk tahap I dari Padang ? Sicincin sepanjang 27 kilometer, dilanjutkan tahap II dari Pekanbaru ? Bangkinang sepanjang 17 kilometer," katanya.

Baru kemudian, tahap III menyelesaikan jalur tengah antara Sicincin ? Bangkinang yang meliputi wilayah Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Pangkalan, dan Koto Panjang.
Menurutnya, untuk pembangunan ruas tersebut saat ini sedang dilakukan proses penyiapan dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT) yang berisikan trase dan apraisal, sehingga pembangunan bisa dilakukan.

Editor : Teguh Nofandi
Sumber : datariau.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :