Riau

Final, Ini Calon Penerima KI Riau Award 2017

Komisioner KI Provinsi Riau

PEKANBARU - Gilangnews.com - Komisi Informasi Provinsi Riau menuntaskan rangkaian penilaian terhadap seluruh Badan Publik dalam ajang Anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2017. 

Koordinator pemeringkatan KI Riau Tatang Yudiansyah mengatakan, metode penilaian dibagi menjadi dua aspek yakni SAQ dan Visitasi. SAQ (Self Assesment Questionnaire) adalah kuisioner yang diisi mandiri oleh badan publik terkait ketersediaan dasar hukum, sarana dan parasarana yang menunjang keterbukaan informasi publik di tempat mereka. 

Sedangkan visitasi adalah monitoring langsung dari Tim penilai KI Riau ke Badan Publik bersangkutan lengkap dengan draft penilaian.

Penilaian terhadap badan publik dalam ajang pemeringkatan ini sangat ketat. Selain menilai SAQ dan Visitasi, visitor juga diminta testimoninya dihadapan pleno untuk mendeskripsikan situasi dan kondisi pelayanan informasi di badan publik tersebut. ungkap Tatang Yudiansyah.

Komisi Informasi Provinsi Riau dalam ajang Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2017 ini membagi menjadi 5 kategori. 

Pertama pemerintah kab/kota, Kedua OPD di lingkungan Pemprov Riau, ketiga BUMD Provinsi Riau, Keempat Perguruan Tinggi dan kelima Partai politik tingkat Provinsi Riau.

Komisi Informasi merilis lima badan publik yang mendapat nilai tertinggi dalam setiap kategorinya. Badan publik ini otomatis menjadi nominator dalam kategorinya masing-masing. Badan Publik yang mendapat peringkat pertama masih rahasia. Tenang saja, nanti akan diumumkan pada hari puncak KI Provinsi Riau Award hari Kamis, 7 Desember 2017 di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru, kita tunggu saja. ungkap Tatang.

Selain lima kategori tersebut, KI Riau memberikan penghargaan khusus kepada perkumpulan dan perseorangan,  dengan kategori  pertama, Pelopor  Integritas dan Transparansi Informasi Publik Provinsi Riau. Kedua, Penggerak Transparansi Publik Provinsi  Riau. Ketiga, Duta Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Riau.

Adapun nominasi yang mendapat nilai 5 besar adalah sebagai berikut:

 *Kategori Kab/Kota* 
Kab. Bengkalis
Kab. Indragiri Hilir
Kab. Indragiri Hulu
Kab. Kampar
Kota Pekanbaru

 *OPD Pemprov Riau* 
Dinas Pariwisata
Dinas Sosial
Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik
Dinas Penanaman Modal  dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu 
RSUD Arifin Achmad

 *BUMD Provinsi Riau* 
Bank Riau Kepri 
Bumi Siak Pusako
Jamkrida
Permodalan Ekonomi Rakyat 
Riau Investment Corporation

 *Perguruan Tinggi* 
Universitas Lancang Kuning
Universitas Riau

 *Partai Politik* 
Partai Hanura
Partai Kebangkitan Bangsa
Partai Nasdem
PPP
PDI Perjuangan


Tulis Komentar