Nasional

Kronologi Hilangnya Wisatawan Swedia di Perairan Pulau Komodo

PHOTO:Salah seorang penyelam sedang membersihkan terumbu Karang di dalam laut do Perairan Kupang.

GILANGNEWS.COM - Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono menyatakan wisatawan asal Swedia Patrice Cyrille Marie Worth (76) hilang saat menyelam di sekitar Pulau Mawan, Perairan Taman Nasional Komodo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT.

Kejadian itu, lanjut Julisa, bermula ketika pada Selasa (26/12/2017) sekitar pukul 08.00 Wita, Patrice bersama 17 orang teman-temannya, menumpang Kapal Motor Ombak Biru 219 GT yang dinahkodai oleh Kasim Tukloy alias Ayah dan didampingi oleh 15 orang anak buah kapal (ABK).

"Mereka bertolak dari Pelabuhan Labuan Bajo menuju Perairan Taman Nasional Komodo untuk melakukan diving (penyelaman) di beberapa spot atau lokasi penyelaman," kata Julisa, Jumat (29/12/2017).

Pada keesokan harinya, Rabu (27/12/2017), sekitar pukul 15.00 Wita, bertempat di Perairan Taka Makassar, 18 orang penumpang, termasuk Patrice melakukan diving.

Namun, setelah semua penumpang selesai menyelam, Patrice Cyrille Marie Worth belum kembali ke permukaan laut.

Para ABK pun segera meminta bantuan dari pihak Resor Sebayur dan warga Pulau Messah untuk membantu melakukan pencarian.

Saat ini, telah dilakukan pencarian dengan dibantu oleh beberapa kapal nelayan dan kapal wisata yang berada di sekitar lokasi kejadian, namun belum berhasil ditemukan.

"Sejumlah unsur telah dilibatkan seperti Polair Baharkam, Basarnas, Polairda NTT, KP3 Labuan Bajo, Personil Taman Nasional Komodo, BIN, Syahbandar, Perwakilan Agen dan TNI AL, namun hingga saat ini belum juga ditemukan," tutupnya.

Koordinator Pos SAR Manggarai Barat Edi Suryono mengatakan, Patrice hilang saat sedang menyelam di dekat Pulau Mawan.

"Wisatawan itu hilang sejak Rabu (27/12/2017) kemarin sekitar pukul 15.30 Wita. Dia (Patrice) menyelam pada pukul 15.00 Wita dan dinyatakan hilang pada pukul 15.30 Wita," kata Edi, Kamis (28/12/2017) malam.

Menurut Edi, wisatawan itu hilang di Perairan Taman Nasional Pulau Komodo atau pada posisi koordinat 08.33.533 S-119.38.170 E.

"Awalnya kita mendapat laporan dari polisi, sehingga kita langsung bergerak melakukan pencarian sejak kemarin sore hingga malam," ucap Edi.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar