Pekanbaru

Andi-Yatno dan Syamsuar-Edy Akan Mendaftar di Hari Pertama ke KPU Riau

Pertemuan KPU Riau dengan sejumlah stakeholder terkait persiapan pendaftaran bakal calon kepala daerah di KPU Riau, Jumat (5/1).

GILANGNEWS.COM - Pasangan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno dan Syamsuar-Edy Natar menjadi kandidat yang akan memanfaatkan hari pertama untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau pada Senin (8/1/2018) depan.

Ketua KPU Riau, Nurhamin mengatakan, hingga Jumat (5/1/2017), pihaknya baru menerima dua konfirmasi dari tim pasangan calon, yang menyatakan akan mendaftar di hari pertama tersebut.

"Ada dua pasangan calon yang akan mendaftar pada hari pertama, yakni pasangan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno dan Syamsuar-Edy Natar. Kita terus lakukan persiapan," kata Nurhamin, Jumat.

Hingga Jumat sore, KPU Riau tampak terus bersolek. Pelaminan khas Riau yang pernah dijanjikan juga sudah mulai dipasang.

Bahkan saat memasuki lantai II aula kantor KPU Riau tersebut, serasa masuk pelaminan penganten yang melangsungkan pernikahan.

Hampir seluruh ruangan dipenuhi dengan pernak pernik pelaminan khas Riau, dan bunga serta ukira khas melayu. Untuk penyambutan nantinya, semuanya juga akan diberikan sentuhan dan nuansa melayu.

"Kita juga akan sambut bakal calon dengan kompang, dan iring ke dalam, sebelum masuk, kita akan berpantun dulu. Kalau bakal calon tidak ada pantun, kita siapkan pantunnya. Proses selanjutnya juga kami akan buat seperti ijab kabul," imbuhnya.

Hal tersebut menurut Nurhamin merupakan inisiatif dan kreatifitas KPU Riau, karena dalam Peraturan KPU nomor 8 tahun 2017, dalam proses tersebut boleh memasukkan unsur muatan lokal di dalamnya.

Sedangkan untuk tim yang hadir ke ruang pendaftaran tersebut nantiny menurut Nurhamin pihaknya sudah membatasi untuk 30 orang maksimal, karena ruang aula KPU cukup terbatas.

"Sebagaimana kesepakatan, paling banyak bisa 30 orang yang masuk, selebihnya bisa menunggu di luar, karena ruang kita terbatas. Jadi nanti pihak tim sudah bisa menentukan siapa saja yang akan masuk," tuturnya.

Sementara itu, untuk mematangkan persiapan pendaftaran bakal calon gubernur Riau yang akan dimulai Senin depan tersebut, pihak KPU juga mengundang stakeholder untuk meminta masukan dalam persiapan tersebut pada Jumat tersebut, di antaranya Pemprov Riau, Korem, Bawaslu Riau, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau, pihak Polda Riau, masing-masing utusan partai, dan berbagai pihak terkait lainnya.

"Tujuan kita mengundang stakeholder adalah untuk menyatukan persepsi, menerima masukan, demi kelancaran kegiatan kedepannya. Sehingga dalam persoalan nantinya tidak ada masalah," imbuhnya.


Tulis Komentar