Riau

Kapolres Siak Nyatakan Siap untuk Pengamanan Pilgub Riau 2018

Operasi Mantap Praja-Muara Takus 2018, Jumat (5/1/2018) di halaman upacara Mapolres Siak.

GILANGNEWS.COM - Kapolres Siak AKBP Barliansyah mengatakan, pihaknya siap untuk pengamanan Pilkada serentak 2018.

Hal tersebut disampaikan saat apel gelar pasukan Ops Mantap Praja-Muara Takus 2018, Jumat (5/1/2018) di halaman upacara Mapolres Siak.

Apel tersebut dihadiri oleh lebih kurang 400 orang. Seperti Wakil Bupati Siak Alfedri, ‎Wakapolres Siak Kompol Yudhi Palmi DJ, ‎Ketua Pengadilan Negeri Siak Abdul Kadir, ‎Pabung Dandim Bengkalis/ 0303 Mayor Inf Sumarno, anggota DPRD Siak, KPU Siak, Panwaslu Siak, perwakilan partai politik dan tokoh masyarakat. Kegiatan tersebut berjalan lancar.

AKBP Barliansyah mengatakan, apel tersebut dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2018. Adapun tema yang diangkat untuk kegiatan tersebut adalah "Polri yang Promoter Siap Mengamankan Pilkada Serentak Tahun 2018".

Pada amanatnya AKBP Barliansyah menghimbau dan mengajak seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelimihan gubernur dan wakil gubernur Riau 2018, untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan dan memilihara kondusifitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Karena untuk meningkatkan keamanan tidak bisa diserahkan saja kepada pihak kepolisian, tanpa dukungan masyarakat.

"Agar kita senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta memohon ridho-Nya agar pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau 2018 dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses," kata dia.

Ia juga mengingatkan personil Polri untuk mengenali wilayah tugas sebaik-baiknya. Agar dapat melaksanakan tanggung jawab selama menjalankan tugas.

"Personil Polri harus mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas," kata dia.

Pihaknya juga terus mengupayakan deteksi dini dan preventif dengan mengoptimalkan peran dan fungsi Opsnal serta Babinkamtibmas bersama dengan tokoh agama, tokoh masarakat, dan tokoh adat. Tujuannya untuk mengantisipasi kejadian sedini mungkin sehingga tercipta situasi aman, tertib, dan lancar.

"Saya minta personil menghindari sikap dan tindakan serta perilaku arogan yang tidak mencerminkan sebagai perilaku Polri," kata dia.

Pihaknya juga berjanji untuk menjalin koordinasi dan kerjasama yang harmonis dengan TNI, Linmas serta unsur lain yang terkait dengan penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau 2018. Yang tak kalah pentingnya, pihaknya memegang teguh komitmen netralitas selama suksesi berlangsung.

"Sehingga kita tidak memihak kepada seluruh calon pasangan dan berikan palayanan yang terbaik serta perlakukan yang sama kepada seluruh calon pasangan," kata dia.

Sementara itu, Alfedri mengatakan, situasi bisa memanas selama proses Pilkada, jika terhasut provokasi orang lain. Sehingga ia meminta ASN tidak terlibat dalam suasana dukung mendukung calon, baik di kehidupan nyata apalagi di sosial media.

"Kita ingin Siak tidak gaduh selama proses Pilgubri 2018 ini. Kita ingin memberikan contoh kepada daerah lain di Indonesia. ASN harus mejaga sikap," kata dia.

Alfedri juga tidak mau menyinggung terkait bupati Siak Syamsuar menjadi kandidat dalam kontestasi Pilgubri 2018 ini. Menurut dia, tanggungjawab Pemkab Siak, TNI-Polri serta masyarakat Siak menjaga diri dari hasutan provokasi.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar