Nasional

Peran Orangtua Hindarkan Anak dari Predator Seks

Tersangka pencabulan puluhan bocah di Tangerang, Wawan alias Babeh.

GILANGNEWS.COM - Kejadian miris kembali menimpa puluhan anak di Kabupaten Tangerang. Pria berinisial WS (49), alias Babeh telah menyodomi sekitar 41 anak.

Bahkan, tiga kakak beradik dalam satu keluarga menjadi korban nafsu bejat Babeh. Kini, pelaku sudah diamankan dan masih diproses hukum.

Ini bukan kali pertama. Kasus serupa sudah terjadi di sejumlah daerah dan sejak dahulu. Kebanyakan pelaku memiliki perilaku yang ramah, penyayang, dan baik. Korban didekati dengan iming-iming makanan, mainan hingga diberi ilmu kebal.

Psikolog klinis, Mellisa Grace mengatakan bahwa perlu peran penting orangtua untuk mencegah buah hati menjadi sasaran predator anak. Menurutnya, orangtua harus memberi edukasi tumbuh kembang anak dan pendidikan seksual ke anak sejak dini.

"Bukan melakukan aktivitas seksual tapi aware pada tubuhnya. Bagian mana yang boleh diperlihatkan dan tidak," katanya dalam wawancara di tvOne.

Dia pun menyarankan, orangtua untuk membiasakan anak tidak membuka bajunya di tempat umum. Selain itu, ajarkan anak untuk melindungi diri sendiri. Misalnya, jangan berbicara dengan orang asing dan jika membutuhkan bantuan minta tolong ke orang terdekat dan terpercaya.

Tak hanya anak, orangtua selain wajib memenuhi kebutuhan buah hati mereka, juga harus membina dan memiliki hubungan yang baik dengan anaknya. "Berikan perhatian dan dekat dengannya, sehingga anak terbuka dan mau cerita apa saja yang dialami kepada orangtua," ujar Mellisa.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar