• Follow Us On : 

Tak Jadi Besok, Pasangan Firdaus-Rusli Effendi Tiba-tiba Mempercepat Daftar ke KPU Riau


Dibaca: 269 kali 
Selasa,09 Januari 2018 - 13:23:34 WIB
Tak Jadi Besok, Pasangan Firdaus-Rusli Effendi Tiba-tiba Mempercepat Daftar ke KPU Riau Ketua DPD Demokrat Riau, Asri Auzar, Bakal Calon Gubernur Riau, dan Wakil, Firdaus-Rusli Effendi, dan Sekretaris DPD Demokrat Riau, Edy Muhammad Yatim usai menerima SK Demokrat di Jakarta beberapa waktu lalu.

GILANGNEWS.COM - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau, Firdaus-Rusli Effendi yang sedianya akan mendaftar pada hari terakhir, akhirnya mempercepat pendaftarannya pada hari kedua, Selasa (9/1/2018) pada pukul 15.00 WIB.

Salah seorang anggota KPU Riau, Ilham M Yasir menyampaikan, bahwa pihaknya menerima informasi bahwa Firdaus dan pasangannya akan mendaftar hari ini ke KPU Riau yang berada di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru.

"Informasi dari LO pasangan Firdaus-Rusli akan mendaftar pada pukul 15.00 WIB," kata Ilham, Selasa siang.

Ditanyakan alasan dipercepatnya pendaftaran tersebut, menurut Ilham, hal tersebut berdasarkan keinginan pihak pendaftar, yang pastinya pihak KPU membuka pendaftaran pada pukul 08.00 hingga 24.00 WIB.

"Khusus hari kedua dan ketiga kita buka sampai malam, kalau hari pertama kemaren sampai pukul 16.00 WIB," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Demokrat Riau, Edy Muhammad Yatim sebelumnya menyampaikan pasangan Firdaus-Rusli akan mendaftar dihari ketiga.

Dikonfirmasi kembali terkait percepat pendaftaran tersebut ia belum mengangkat telepon.

Saat ini baru pasangan Syamsuar-Edy Natar Nasution yang sudah melakukan pendaftaran secara resmi.
Mengenakan pakaian melayu, pasangan Syamsuar-Edy Natar Nasution tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, dengan istri masing-masing.

Syamsuar-Edy Natar Nasution yang kompak bertanjak warna biru, tiba di KPU Riau sekitar pukul 11.15 WIB.

KPU Riau langsung menyambut dengan kompang sejak dari gerbang.

Pasangan yang pertama mendaftar ini juga disambut silat khas Riau.

Sebelum diantar menuju ruang pendaftaran lantai II, pasangan ini disambut oleh Komisioner KPU Riau di pintu masuk, kemudian saling berbalas pantun antara Ketua KPU Riau dengan Ketua DPW PAN Riau, Irwan Nasir, sebagai pihak yang mengantar pasangan calon.

Selepas aksi berbalas pantun, barulah menuju lantai II.

Syamsuar-Edy Natar Nasution bersama istri memakai baju serba putih, sedangkan istri Syamsuar memakai baju berwarna biru.
Pasangan tersebut tampak menebar senyum menuju pelaminan yang disediakan pihak KPU.

Syamsuar-Edy Natar Nasution merupakan pasangan calon yang pertama mendaftar ke KPU Riau.
Sebelum menuju KPU, Syamsuar dan rombongan bertolak dari Masjid Raya An Nur, karena melakukan shalat dhuha terlebih dulu, selanjutnya baru beramai-ramai datang ke KPU Riau.

Sementara pendaftaran Andi Rachman kembali diundur dari sebelumnya dijadwalkan Selasa (9/1/2018), diundur menjadi Rabu (10/1/2018) atau hari terakhir dibukanya pendaftaran.

Hal ini dijelaskan Sekretaris Golkar Riau Rizaldi.

Menurutnya pengunduran ini disebabkan berbenturan dengan jadwal deklarasi Wardan - Syamsudin Uti, diwaktu bersamaan juga digelar pendaftaran Wardan ke KPU.

"Karena Pak Wardan meminta diundur karena waktu bersamaan digelar Deklarasi, jadinya digelar Rabu (10/1/2018),"ujar Rizaldi.

Sedangkan untuk jadwal deklarasi sendiri sampai saat ini menurut Rizaldi masih menunggu jadwal dari Ketua Umum untuk hadir dalam acara deklarasi tersebut.

"Sampai sekarang masih disesuaikan jadwalnya dengan Ketua Umum, deklarasi tetap dilakukan dalam waktu dekat, "jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, petahana sendiri akan mendaftarkan diri ke KPU Selasa (9/1/2018).

Jadwal ini diundur dari sebelumnya yang sudah direncanakan Senin (8/1/2018).

Sekretaris DPD I Golkar Riau Rizaldi M Abrus menyebutkan pengunduran jadwal karena menyesuaikan jadwal saja dengan yang lain.

"Tidak ada masalah, kita hanya menyesuaikan saja, dengan kesempatan semua yang akan hadir, "ujar Rizaldi.

Untuk jadwal deklarasi sendiri juga masih diundur hingga waktu dimana Ketua Umum Golkar bisa datang dan luang untuk menghadiri deklarasi di Riau.

"Untuk deklarasi masih menunggu agenda Ketum, karena Ketua Umum berencana hadir pada deklarasi, "jelas Rizaldi.

Sedangkan rencana membuat poros baru antara Gerindra dengan PKB akhirnya terjadi.

Selasa (9/1/2018) ini, hasilnya akan segera diumumkan bakal calon yang akan diusung, yakni, Lukman Edy dengan Hardianto.

Pihak DPW PKB membenarkan berkoalisinya antara PKB dengan Gerindra di Pilkada Riau 2018, dengan mengusung pasangan calon yang dimaksud, seperti yang diungkapkan pihak Gerindra sebelumnya.

"Sejauh ini memang seperti itu (Lukman Edy dan Hardianto). Mudah-mudahan siang atau sore ini akan diumumkan," kata salah seorang pengurus DPW PKB Riau kepada Tribun, yang enggan disebutkan namanya.

Kader PKB tersebut juga membenarkan sudah adanya rencana pendaftaran bakal calon yang akan disungnya pada hari terakhir masa pendaftaran, yakni Rabu (10/1/2018) besok.

"Iya demikian, namun sampai saat ini masih ada sedikit lagi pembahasan, jelang diumumkan," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Riau, Husni Tamrin mengklaim pihak Gerindra dan PKB sudah sepakat untuk mengusung Lukman Edy dan Hardianto sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau 2018.

Wakil Ketua DPD Gerindra Riau ini juga mengatakan, bahkan SK dukungan untuk bakal calon sudah ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris DPP Gerindra, dan tinggal dibawa ke Riau.

"Kita sepakat untuk mengusung Lukman Edy dan Hardianto, maju di Pilkada Riau 2018. SK-sudah ditandatangani, dan nanti sore sekitar pukul 16.00 WIB kita berangkat ke Pekanbaru membawa SK-nya," kata Husni Tamrin kepada Tribun.

Dikatakan Tamrin, pihaknya akan langsung mendaftarkan pasangan calon tersebut pada hari terakhir pendaftaran, yakni, Rabu besok.

Bahkan ribuan masyarakat menurut Tamrin akan ikut mengantarkan pasangan calon tersebut ke kantor KPU Riau Jalan Gajah Mada esok hari.

Sedangkan untuk deklarasi menurut Tamrin akan dilaksanakan beberapa hari setelah pendaftaran.

"Kita fokus pada pendaftaran dulu, nanti selanjutnya baru kita sususn kegiatan deklarasi," ujarnya.

Editor : Septian Nandy
Sumber : tribunpekanbaru.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :