Dunia

Salah Kabarkan Serangan Misil Korut, NHK Minta Maaf

Dalam foto yang dirilis Kemenhan Korea Selatan, Rabu (5/7/2017), terlihat sistem pertahanan M270 melepaskan rudal taktis MGM-140 ke arah Laut Jepang (Laut Timur) sebagai respon atas peluncuran misil balistik Korea Utara.

GILANGNEWS.COM - Setelah Hawaii salah memberikan peringatan serangan misil Korea Utara, kini hal serupa terjadi di Jepang.

Pada Selasa (16/1/2018), lembaga penyiaran publik NHK menyiarkan kabar tentang serangan misil balistik Korea Utara.

Beruntung, NHK cepat menyadari kesalahannya itu dan langsung meminta maaf yang disampaikan lewat akun Twitter resminya.

"Sekitar pukul 18.55 kami melaporkan lewat situs resmi NHK dan aplikasi pencegahan bencana NHK tentang 'pola peluncuran misil Korea Utara' tetapi hal itu salah. Kami harus meminta maaf," demikian NHK.

Insiden ini terjadi hanya empat hari setelah kesalahan serupa memicu kepanikan di Hawaii ketika warga diperintahkan untuk mencari tempat perlindungan.

Perintah itu disampaikan setelah muncul peringatan serangan misil yang disampaikan kepada warga lewat pesan pendek di telepon genggam.

Peringatan salah itu dikeluarkan Pertahanan Sipil Hawaii, yang kemudian langsung meminta maaf atas kekacauan yang diakibatkan kabar salah itu.

Kekacauan itu juga memicu perdebatan di dunia maya terkait retorika yang dilontarkan Presiden AS Donald Trump terkait kemampuan nuklir AS dan ancaman yang ditimbulkan Korea Utara.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar