• Follow Us On : 

Toko Adat Riau Memberi Pesan Khusus Kepada Rusli Efendi di LAM Riau


Dibaca: 476 kali 
Jumat,19 Januari 2018 - 10:09:54 WIB
Toko Adat Riau Memberi Pesan Khusus Kepada Rusli Efendi di LAM Riau

GILANGNEWS.COM - Cawagubri Rusli Efendi terus bersosialisasi jelang Pilgubri, yang dihelat Juni mendatang. Kali ini putra kelahiran Rokan Hilir tersebut, mengunjungi LAM Provinsi Riau, Kamis (18/1/2018).

Rombongan Rusli disambut baik pengurus LAM, di antaranya datuk Al Azhar, datuk Syahril Abu Bakar selaku Ketua Harian, Nasir Penyalai selaku Sekretaris, Yose Saputra selaku Ketua LAM Pekanbaru, serta pengurus PPP dan kader lainnya. Pertemuan ini digelar secara kekeluargaan.

Ketua Harian LAM Pekanbaru Syahril Abu Bakar mengatakan, kedatangan Rusli Efendi yang kini maju sebagai Cawagubri merupakan tamu istimewa, bagi kalangan tokoh adat. Sebab, sosok Rusli Efendi tidak asing bagi pemuka adat di Bumi Lancang ini.  

Selain sosok yang berkiprah di kancah nasional dan Ketua DPP PPP, Rusli juga merupakan Ketua LAM Perwakilan di Jakarta. "Tapi selaku orang yang dituakan di LAM, kita minta jika datuk Rusli duduk sebagai Wagubri, harus mengedepankan unsur-unsur Melayu. Jangan ke tepikan, karena kita tuan rumah," kata Syahril di hadapan rombongan Rusli Efendi.

Dia juga memberi petuah, sebagai anak negeri, setiap calon harus punya komitmen besar, dalam memajukan sebuah daerah. Apalagi, Riau yang kini masih ketertinggalan di berbagai aspek, harus diprioritaskan. Tapi itu tadi, jati diri sebagai anak Melayu jangan dikesampingkan," sebutnya.

Hal yang sama juga dituturkan Ketua LAM Pekanbaru Datuk Amanah Yose Saputra. Dia justru menekankan, agar Paslon Firdaus-Rusli ini, bisa memberi warna tersendiri bagi perkembangan daerah. Terutama untuk membangkitkan lagi, identitas Melayu Riau, khusus di Kota Bertuah.
Seperti dalam pemilihan kepala dinas/kepala badan. "Bisa kita contohkan di Kota Pekanbaru ini saja, dari 44 kepala dinas/badan, hanya satu pejabat Melayu yang didudukkan, yakni Kadisdukcapil Baharuddin. Selebihnya tidak ada. Kan tidak pantas, padahal banyak pejabat Melayu yang bisa diangkat. Kita minta ini jadi PR datuk Rusli Efendi," terangnya.

Yose yang juga sebagai anggota DPRD Pekanbaru juga mengharapkan, agar paslon Firdaus-Rusli, tidak memandang sebelah mata masyarakat Melayu. Ini daerah yang harus dipertegas identitas Melayunya. Jadikan masyarakat melayu sebagai tuan rumah di negeri sendiri," katanya.

Selanjutnya, Cawagubri Rusli Efendi menegaskan, apa yang menjadi masukan, petuah dan tunjuk ajar dari tetokoh adat di Riau ini, menjadi catatan penting bagi dirinya dan Cagubri Firdaus MT. Bahkan dia akan memasukkannya dalam visi misi mereka, yang nantinya dituangkan dalam RPJMD.

"Intinya, insya Allah tunjuk ajar para tokoh adat ini akan menjadi komitmen kita. Makanya saya meminta doa restu, mudah-mudahan saya hadir di sini, bisa memberikan penguatan sebagai seorang pemimpin. Untuk Melayu sendiri, sebenarnya indentik dengan Islam, yang punya adat sangat terbuka. Menghargai suku, agama dan harus jadi pemilik di rumah sendiri.

"Tentu kita komit, bahkan kita juga sudah berjuang untuk payung adat resam Melayu, dengan berhasil melahirkan Dinas Kebudayaan di Provinsi Riau. Makanya ke depan, kita akan lahirkan untuk lainnya," janji Rusli.***

Sumber : RIL
Editor : Zulfikri SH

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media






Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com
Loading...

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :