• Follow Us On : 

8. Sakit tulang kanker paru-paru juga bisa menyebar ke tulang di area punggung dan lainnya. Rasa sa


Dibaca: 345 kali 
Rabu,24 Januari 2018 - 10:17:01 WIB
8. Sakit tulang  kanker paru-paru juga bisa menyebar ke tulang di area punggung dan lainnya. Rasa sa Ilustrasi

GILANGNEWS.COM - Dari bermacam jenis kanker, kanker paru-paru merupakan salah satu yang terbanyak menyerang orang Indonesia. Sebanyak lebih dari 20 persen penderita kanker di Indonesia menderita kanker paru. Kanker ini menjadi penyebab kematian nomor satu bagi laki-laki di Indonesia.

Satuan Pencegahan Amerika Serikat mengeluarkan daftar orang-orang yang berisiko tinggi terkena kanker paru-paru yakni memiliki riwayat merokok 30 tahun, berusia 55 hingga 80 tahun, dan merokok dalam 15 tahun terakhir. Kendati demikian, kanker paru-paru bisa menyerang siapa saja.

Umumnya, kanker paru-paru tak memiliki gejala awal yang nyata. Banyak pasien kanker paru-paru didiagnosis ketika sudah memasuki stadium lanjut. Namun, beberapa gejala awal ini patut diwaspadai dan mesti mendapatkan penanganan dari dokter. Berikut sembilan gelaja kanker paru-paru, seperti dilansir dari Healthline.

1. Batuk terus-menerus

Waspadai batu yang tak kunjung henti lebih dari dua pekan. Batuk merupakan penanda adanya masalah terhadap paru-paru.

2.Perubahan batuk

Beri perhatian lebih pada perubahan batuk kronis terutama pada perokok. Perubahan batuk ini misalnya menjadi berdahak, kering, lebih dalam, serak, dan dahak.

3. Perubahan pernapasan

Pola pernafasan berubah menjadi lebih pendek dan sering kali mengalami sesak napas. Ini terjadi kare blok kanker menutup jalannya pernapasan.

4.Rasa sakit di area dada

Kanker bisa menyebabkan sakit dan nyeri yang tajam dan konstan di bagian dada, bahu atau punggung. Rasa sakit ini muncul karena sel kanker menyerang dada hingga ke tulang rusuk.

5. Bengek/suara dari dada

Saat sel kanker menyumbat saluran pernapasan, paru-paru bisa mengeluarkan suara ketika bernapas. Ini dikenal juga dengan mengi atau bengek.

6. Suara serak

Perubahan suara yang signifikan lebih dari dua pekan patut diwaspadai. Sel kankeker bisa mempengaruhi saraf yang mengendalikan kotak suara.

7. Penurunan berat badan

Berkurangnya berat badan secara drastis bisa menjadi salah satu ciri sel kanker mengganas. Hal ini diakibarkan karena sel kanker memakan energi.

8. Sakit tulang

kanker paru-paru juga bisa menyebar ke tulang di area punggung dan lainnya. Rasa sakit biasanya memburuk saat istirahat di malam hari.

9. Sakit Kepala

Sakit kepada bisa jadi pertanda kanker telah menyebar ke otak. Selain itu, sakit kepala juga bisa muncul karena ada tekanan darah yang dari paru-paru karena sel kanker.

Sumber : CNN INDONESIA
Editor : Septian Nandy

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media






Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com
Loading...

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :