Pekanbaru

Pertamina Tetapkan Harga Dasar Jual Pertalite Riau Mahal, Dewan akan Minta Penjelasan

Pertalite

GILANGNEWS.COM - Menyikapi mahalnya harga jual Pertalite di Riau, DPRD Riau menyatakan bahwa ada beberapa aspek penyebabnya. Selain pajak daerah yang relatif tinggi, yakni 10 persen, harga dasar Pertalite yang ditetapkan Pertamina di Riau juga lebih mahal dari yang lain.

Disampaikan Anggota Komisi II DPRD Riau, Sugianto, pihaknya akan memanggil Pertamina untuk bisa memberikan keterangan. Menurutnya, harus ada alasan dari Pertamina yang membuat Riau sebagai daerah penghasil minyak namun memiliki harga dasar termahal, yakni Rp 6.667 per liter Pertalite. Sedangkan di daerah sekita Rp 6.609 per liter.

"Kita pertanyakan kenapa ini bisa terjadi apakah ada regulasi yang mengatur, atau permainan dari oknum tertentu," ujar politisi PKB ini, Kamis (25/1/2018).

Sugianto menyebutkan, akibat mahalnya harga Pertalite di Riau, masyarakat semakin tertekan. Saat ini Pertalite dijual Rp 8.000 per liter dari harga sebelumnya Rp 7.900.

"Selama ini masyarakat kesulitan mencari Premium yang langka di pasaran. Namun ketika masyarakat terpaksa menggunakan Pertalite, harga jualnya menjadi lebih mahal. Saya menduga ada permaian di sini," terang Sugianto.

Mengenai jadwal pemanggilannya, Sugianto akan membahasnya terlebih dahulu dengan Komisi II.


Tulis Komentar