Nasional

Plt Gubernur Sumut dan Jabar Dijabat Dua Irjen Polri

Irjen M Iriawan.

GILANGNEWS.COM - Di dua daerah yang tengah melaksanakan pilkada, dua perwira tinggi (pati) Polri kabarnya ditunjuk sebagai pelaksana tugas (plt) gubernur.

Keduanya adalah Irjen Mochammad Iriawan dan Irjen Martuani Sormin. Menurut Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Martinus Sitompul, kedua pejabat itu menjadi Plt setelah ditunjuk oleh Kemendagri.

“Iya (rujukan Kemendagri), kami ketahui bahwa dua wilayah ini ikut pilkada serentak dan beberapa wilayah juga ada yang ditunjuk,” ujarnya di Mabes Polri, Kamis (25/1/2018).

Martinus menerangkan, penunjukan Iriawan dan Martuani sudah disampaikan Wakapolri Komjen Syafruddin ketika penutupan Rapat Pimpinan Polri 2018. Akan tetapi, untuk resminya, Polri masih menunggu surat resmi Kemendagri.

“Bapak Wakapolri menyampaikan dua pati itu untuk memimpin sementara Jawa Barat dan Sumatera Utara. Surat resminya masih kami tunggu,” tuturnya.

Kedua pati itu kini masih menjabat posisi penting di Polri. Adapun Irjen Martuani Sormin kini menjabat Kadiv Propam, sementara Irjen Mochammad Iriawan adalah Asops Kapolri.

Ditambahkannya, penunjukan pati Polri sebagai plt kepala daerah bukan kali pertama.

“Dulu Irjen Carlo Tewu yang kini deputi di Kemenkopolhukam juga pernah ditunjuk sebagai Plt gubernur Sulawesi,” sebutnya.

Dia lantas menyebut kedua pati itu akan menjabat selama empat hingga lima bulan ke depan hingga proses pilkada selesai.

“Menjabat sampai nanti pelantikan calon terpilih,” tutup mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat itu.


Tulis Komentar