Pekanbaru

Pertamina: Masyarakat Riau Peminat Premium Terbesar di Sumatera

Seorang Petugas SPBU Sedang Mengisi BBM.

GILANGNEWS.COM - Marketing Branch Manager Pertamina Sumbar-Riau, Pramono Wibowo mengklaim, bahwa Riau merupakan daerah dengan tingkat konsumsi BBM bersubsidi jenis premium terbesar di Sumatera.

"Kalau di Riau ini termasuk daerah dengan tingkat konsumsi BBM dalam jumlah besar, jika dibandingkan dengan daerah lain," katanya saat hubungi, Jumat (26/1/2018).

Dia menambahkan, tingkat konsumsi premium di Riau sampai 45% dari total keseluruhan jenis BBM lain yang tersedia. Sedangkan rata-rata nasional hanya 35%. Jika dibandingkan dengan daerah lain di Pulau Sumatera tingkat konsumsi BBM premium di Riau memang lebih tinggi.

Misalnya di Sumbar jumlah konsumsi premium hanya 25%, Sumut 25%, dan Aceh 25%. Secara persentase dan volume memang Riau jauh lebih tinggi tingkat konsumsi BBM janis premium.

"Kalau di lapangan kami melihat situasi saja sebenarnya. Karena memang kecenderungan. Karena kecenderungan di daerah lain juga seperti itu (permintaan tinggi).

Pramono juga mengatakan kondisi saat ini sangat berbeda jauh, sebab kebutuhan masyarakat terhadap bahan bakar minyak sangat tinggi. Jika dulu SPBU hanya menyediakan tempat untuk solar dan premium, saat ini ada banyak varian BBM yang dibutuhkan.

Oleh sebab itu ada spesifikasi bahea BBM bersubsidi jenis premium hanya diperuntukkan kepada masyarakat ke bawah, pertalite untuk konsumsi masyarakat menegah dan pertamax dan pertamax turbo itu untuk masyarakat golongan atas.


Tulis Komentar