Nasional

Masih Ada 10 Daerah Berpotensi Kena Wabah Seperti Asmat

Kondisi warga Asmat di pedalaman Papua yang terserang wabah penyakit.

GILANGNEWS.COM - Kasus kekurangan gizi hingga wabah penyakit lainnya, seperti yang terjadi di Kabupaten Asmat, Papua hingga menewaskan 71 orang, dikhawatirkan akan terjadi juga di beberapa daerah lainnya.

Menurut Menteri Kesehatan Nila F Moeloek setidaknya ada beberapa daerah lain yang berpotensi kejadian seperti di Asmat.

"Nduga, Yakuhimo, Tolikara, Pegunungan Bintang, dan lainnya, ada 10 tempat yang susah," kata Nila di Jakarta, Senin, 29 Januari 2018.

Salah satu faktor yang membuat itu terjadi, adalah imunisasi terhadap anak yang rendah. Termasuk, ketersediaan tempat berobat seperti rumah sakit yang terbatas.

"Kami dari Agats, berkumpul di Timika mengumpulkan kepala dinas, ada yang hadir 10 orang, kami sudah menyisir ada 10 daerah yang ditakutkan, Yakuhimo di daerah sekitar sana," lanjut Nila.

Pembicaraan dilakukan, untuk memberi pemahaman dan rekomendasi untuk dilakukan ke depannya. Seperti imunisasi yang tetap harus dilakukan, dan juga pemberian makanan tambahan.

Namun diakui Nila, salah satu yang menjadi persoalan juga adalah keengganan untuk ke lokasi yang jauh.

"Harapan saya waktu saya ke Agats, kami juga ke Timika, rumah sakitnya umum daerahnya bagus dan dokternya banyak, harusnya mereka bergerak ke Agats ini tapi mereka menurut saya ngarepin dari pusat. Jadi memang ada kendala-kedala yang harus diselesaikan," jelas Nila.

Dia tidak mempersoalkan harus kembali ke lokasi tersebut. Hanya perlu dihitung, bagaimana ongkosnya. Dia mengaku, untuk mengirim tim saja menghabiskan dana hingga miliaran untuk menyewa pesawat. "Sekali lagi ongkosnya ini enggak murah," katanya.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar