Pekanbaru

33 Kali Sukses Beraksi Modus Nyamar Jadi Jemaah Masjid, Aksi Maling di Pekanbaru Ini Akhirnya Keperg

Kapolsek Tampan dan jajarannya, saat ekspose kasus pencurian sepeda motor 33 TKP, pada Selasa (1/30/2018).

GILANGNEWS.COM - Sepak terjang pria berusia 25 tahun berinisial AP ini berakhir setelah diciduk aparat Polsek Tampan, Kota Pekanbaru - Riau. Tak main-main, pelaku tercatat sudah 33 kali sukses melancarkan aksinya dengan mencuri sepeda motor.

Mayoritas pencurian yang dilakukan AP sasarannya adalah masjid. Pelaku tahu betul jika para jemaah sedang beribadah, sehingga dengan mudah beraksi. Pengakuannya, cuma butuh waktu lima menit untuk membawa kabur satu unit sepeda motor yang ditargetnya.

Kini AP harus mendekam di sel Mapolsek Tampan. Ia tertangkap setelah warga memergoki aksi pencurian yang dilakukannya di Masjid Taqwa Jalan Srikandi Kelurahan Delima, Tampan. Sementara seorang rekannya berhasil melarikan diri dan kini sedang diburu polisi.

Kapolsek Tampan Kompol Kari Amsah Ritonga didampingi Kanit Reskrim AKP Eru Alsepa Selasa (30/1/2018) siang menuturkan, pelaku ini beraksi dengan bermodalkan kunci berbentuk T yang sudah dimodifikasi. Barang bukti ini juga sudah disita jajarannya sebagai barang bukti.

"Pelaku ini melancarkan aksinya saat jemaah sedang shalat. Mayoritas pencurian sepeda motor dilakukan di masjid, alasannya karena tidak ada yang mengawasi jadi mudah. Diapura-pura jadi jemaah untuk mengamati korban dan kendaraan yang diincarnya," ungkap Kompol Kari Amsah Ritonga.

Namun aksi ini berakhir sudah, setelah perbuatannya dipergoki warga. AP yang gagal melarikan diri sempat dihajar massa. Untung polisi segera datang dan langsung membawanya ke Mapolsek Tampan. "Dari keterangannya, sudah 33 kali melakukan itu, mayoritas di parkiran masjid," terangnya.

Adapun puluhan aksi pencurian ini, rata-rata dilakukan AP dan rekannya di wilayah Sukajadi dan Kecamatan Tampan. Atas perbuatannya, pelaku terancam dijerat Pasal 353 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan (Curat).

Saat ini, Unit Reserse Kriminal Polsek Tampan sedang menelusuri, di mana keberadaan puluhan sepeda motor yang berhasil disikat pelaku, sebelumnya. Sementara baru satu kendaraan yang berhasil diamankan. "Ini masih didalami," singkatnya diwawancarai.


Tulis Komentar