Pekanbaru

RSUD Madani Pekanbaru Resmi Beroperasi, Ini Kata Firdaus

Wali Kota Pekanbaru Firdaus Saat Meresmikan RSUD Madani Pekanbaru.

GILANGNEWS.COM - Sempat tertunda beberapa kali, Akhirnya Rumah Sakit Umum Daerah Madani Pekanbaru dapat dipergunakan oleh masyarakat.     

"Alhamdulillah akhirnya RSUD Madani Pekanbaru dapat diresmikan penggunaannya," Kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus.
 
Saat dikonfirmasi, Firdaus mengatakan bahwa penundaan tersebut terpaksa dilakukan lantaran beberapa persoalan yang masih belum selesai. Namun sayangnya ia tidak menjelaskan persoalan yang melatarbelakangi penundaan peresmian penggunaan Rumah sakit yang dibangun dengan konsep green hospital tersebut.

Pasca peresmian, Firdaus mengaku optimis bahwa Rumah Sakit Madani Pekanbaru dapat bersaing dengan sejumlah Rumah Sakit lainnya yang ada di Provinsi Riau. Ia juga berharap agar RSUD Madani dapat menjadi rujukan bagi masyarakat dalam hal kesehatan.

Firdaus menambahkan bahwa RSUD yang berada di Jalan Garuda Sakti KM 2, Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru tersebut memang ditargetkan untuk dapat menampung warga Kota Pekanbaru. Kendati demikian hal ini tidak menutup kemungkinan warga di luar Pekanbaru untuk dapat berobat di Rumah sakit tersebut.

Lebih jauh Firdaus mengklaim bahwa RSUD Madani telah mengantongi seluruh izin, baik dari segi pembangunan, hingga operasional dari pemerintah. Sehingga masyarakat yang ingin berobat nantinya tidak perlu khawatir akan jaminan kesehatan yang akan mereka peroleh. Oleh karena itu ia mengimbau seluruh masyarakat untuk dapat memanfaatkan seluruh pelayanan dan fasilitas di rumah sakit tersebut.

Kendati demikian, ia mengaku masih terdapat beberapa hal lain yang masih menjadi perhatian dari pihak pemerintah Kota sendiri. Seperti ketersediaan alat kesehatan serta perampungan pembangunan unit gedung lain yang sampai tahap ini masih dalam proses pengerjaan.

Terkait hal ini, ia mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk dapat segera melengkapi kekurangan tersebut. Lebih jauh ia menargetkan bahwa pengadaan alat kesehatan dan pembagunan unit bagunan lain dapat rampung di 2018.

Nantinya terdapat 13 pelayanan kesehatan yang tersedia di RSUD Madani Kota Pekanbaru. Diantaranya poli gigi, poli umum, poli spesialis anak, kandungan, paru-paru, THT, urologi, jantung, kulit, IGD, laboratorium serta bedah plastik dan akupuntur. Namun saat ini baru tersedia beberapa pelayanan seperti pelayanan dasar seperti UGD, pelayanan umum, ibu dan anak serta beberapa pelayanan lainnya.

Dari segi Sumber Daya Manusia, sedikitnya terdapat 91 orang tenaga medis yang siap melayani masyarakat. Beberapa diantaranya ialah 18 orang dokter spesialis, 8 orang dokter umum, serta sejumlah tenaga bidan, labor gizi, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

"RSUD Madani Kota Pekanbaru ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi masyarakat Pekanbaru yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima," ucap Firdaus.
 
Firdaus juga berharap agar RSUD yang dibangun dengan dana sekitar Rp90 Miliar tersebut bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, tidak hanya warga Pekanbaru saja namun juga wilayah tetangga.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar