Pekanbaru

7 Hotspot Terpantau di Riau, 5 Diantaranya Potensi Karhutla

Ilustrasi

GILANGNEWS.COM - Berdasarkan pantauan Satelit Modis Terra dan Aqua, Jumat (9/2/2018) sore terdeteksi adanya 14 titik panas (hotspot) di Sumatera. 7 titik tersebut diantaranya berada di Riau.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi kepada CAKAPLAH.COM mengatakan 14 titik tersebut tersebar di Riau 7 titik, Kepulauan Riau 5 titik, 1 titik di Sumatera Barat, dan 1 titik di Sumatera Utara.

"Untuk titik panas yang ada di Riau tersebar di Pelalawan 4 titik, Bengkalis 2 titik, dan Indragiri Hilir 1 titik," ujar Slamet.

Slamet menjelaskan dari 7 titik tersebut terdapat 5 titik yang diduga kuat merupakan kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen.

"Riau dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen ada 5 titik yaitu di Pelalawan 4 titik, dan Bengkalis 1 titik," jelasnya.

Slamet juga merincikan, di Kabupaten Pelalawan titik api berada di Kecamatan Kuala Kampar. "Sedangkan di Bengkalis berada di Kecamatan Rupat," ungkapnya.

Untuk Suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 - 32.0 derajat celcius dengan Kelembapan udara 50 - 92 persen. Sementara arah Angin berhembus ke Utara sampai dengan Utara Laut dengan kecepatan 09 - 27 km/jam.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar