• Follow Us On : 

Firdaus-Rusli Berziarah ke Makam Raja Gunung Sahilan


Dibaca: 321 kali 
Sabtu,10 Februari 2018 - 20:31:55 WIB
Firdaus-Rusli Berziarah ke Makam Raja Gunung Sahilan

GILANGNEWS.COM - Calon Gubernur Riau Firdaus bersama Calon Wakil Gubernur Riau Rusli Effendi, melakukan ziarah ke Istana Kerajaan Rantau Kampar Kiri di Gunung Sahilan, Sabtu (10/2/2018) sore.

Kedatangan pasangan calon pemimpin Riau itu disambut anak keturunan Raja Pertama Kerajaan Rantau Kampar Kiri yang berasal dari cucu ke empat Sri Maharaja Diraja yang mula-mula menjadi Raja Alam Minangkabau.

Diantaranya H Darmansyah cucu T Haji Ibrahim dan Putri Intan Yang di-Pertuan Gadis. Kemudian cucu lainnya yakni H Azwan dan H Agus Saiman.

Pihak ahli waris pada kesempatan itu menjelaskan banyak hal tentang sejarah kerajaan di Gunung Sahilan. Termasuk adanya proses renovasi bangunan yang dilakukan pada era kepemimpinan Bupati Kampar Burhanuddin Husin.

"Ini sudah sempat direnovasi. Bangunan asli ada di belakang. Juga masih tersimpan beberapa peninggalan, seperti senjata dan lainnya," kata Darmansyah.

Pada kesempatan itu, Firdaus, berharap agar peninggalan sejarah, termasuk Istana Kerajaan di Gunung Sahilan dapat dipelihara dengan baik.

"Kita berharap ini bisa dipelihara dengan baik. Insya Allah jika diamanahkan memimpin Riau ini, istana kerajaan ini akan menjadi perhatian. Tidak hanya menyangkut sejarah, tapi ini juga bisa kita gali untuk potensi pariwisata. Selain istana, di Kampar Kiri ini juga ada tugu khatulistiwa dan makam Syech Burhanuddin Kuntu," ujar Ketua DPC Partai Demokrat Pekanbaru.

Sebelum meninggalkan istana kerajaan, Firdaus dan Rusli Effendi menyempatkan diri berziarah ke makam raja yang terletak kurang lebih 100 meter dari istana. Di makam raja, pasangan calon pemimpin Riau itu berkirim doa.

Editor : Septian Nandy
Sumber : cakaplah.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com
Loading...

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :