• Follow Us On : 

Hari ini, DPR rapat pengesahan UU MD3


Dibaca: 336 kali 
Senin,12 Februari 2018 - 10:55:30 WIB
Hari ini, DPR rapat pengesahan UU MD3 Gedung DPR RI.

GILANGNEWS.COM - Pimpinan DPR mengadakan rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus) hari ini. Dalam rapat itu mereka akan membahas pengambilan keputusan soal Revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (RUU MD3) dan laporan hasil rekomendasi hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Rapat Bamus untuk agendakan pengambilan putusan di paripurna soal MD3 lalu ada usulan hak inisiatif DPR soal hukum adat yang jadi inisiatif NasDem. Lalu RUU tentang pertanian terkait komisi VI, agendakan laporan hasil rekomendasi hak angket, agenda paripurna siang ini hingga penutupan hari Rabu" kata Ketua DPR Bambang Soesatyo, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/2).

Terkait pelantikan penambahan kursi pimpinan DPR, MPR dan DPD, pria yang akrab disapa Bamsoet ini belum bisa memastikan. Sebab, kata dia revisi UU MD3 perlu disahkan terlebih dahulu.

"Sekarang kami tuntaskan UU MD3 jadi enggak mungkin, soal kapan dilantik kan tergantung pemerintah. Kan diundangkan dulu MD3," ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPR Fadli Zon membenarkan bahwa agenda rapat hari ini untuk membahas UU MD3. Menurutnya jika ada kesepakatan tentang pengesahan UU MD3 bisa saja pelantikan penambahan pimpinan dilakukan siang ini.

"Kalau disepakati di rapat konsultasi pengganti bamus kita bisa agendakan rapat paripurna siang nanti antara lain agendanya bisa saja pelantikan. Tetapi kita lihat nanti perkembangannya," ungkapnya.

Kedati demikian, pimpinan DPR hingga kini belum mendapatkan daftar nama tambahan pimpinan DPR, MPR dan DPD. "Ya belumlah karena masuknya nama-nama tersebut pasti akan melalui setelah UU disahkan," tandas Fadli.

Diketahui, dalam UU MD3 diatur mengenai penambahan kursi pimpinan DPR dan MPR, DPD dan DPRD. Di revisi kali ini, sudah dipastikan PDIP akan mendapatkan satu kursi pimpinan DPR karena partai berlambang banteng adalah partai pemenang pemilu.

Kemudian untuk dua kursi di MPR rencananya akan diisi oleh PKB dan Partai Gerindra. Sedangkan pemilihan posisi pimpinan DPD masih dibahas.

Sumber : merdekadotcom
Editor : Septian Nandy

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media






Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com
Loading...

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :