Nasional

Polres Cimahi Tangkap Satu Tersangka Pemalsu Kartu BPJS Kesehatan

Warga Desa Kertajaya memperlihatkan kartu palsu BPJS Kesehatan
Gilangnews.com - Polres Cimahi bergerak cepat mengusut kasus peredaran kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan diduga palsu di Desa Kertajaya, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jabar. Seorang pria inisial AS yang diduga dalang di balik pembuatan kartu bodong tersebut ditangkap polisi. Status AS sebagai tersangka.
 
"Tersangka atas nama AS. Dia merupakan ketua dari Rumah Peduli Dhuafa (RPD) yang berada di Kota Cimahi, saat ini masih dilakukan pemeriksaan oleh penyidik. Kita juga akan cek legalitas RDP, mereka menawarkan kepada masyarakat kartu ini (BPJS palsu) kepada warga dengan syarat bebas iuran tapi harus membayar seratus ribu rupiah," ucap Kapolres Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan di Mapolres Cimahi, Kota Cimahi, Jabar, Senin (25/7/2016).
 
Personel Satreskrim Polres Cimahi menangkap AS di kediamannya, Kota Cimahi, pada Minggu (24/7) kemarin. Hasil pemeriksaan sementara, menurut Ade, tersangka melakukan perbuatan itu untuk mengumpulkan keuntungan pribadi dengan modus bantuan bidang kesehatan.
 
"Sekarang masih pemeriksaan lebih lanjut mengenai modus penipuannya seperti apa," kata Ade. 
 
Menurut pengakuan tersangka, sambung Ade, kartu BPJS Kesehatan tak resmi tersebut menyebar ke empat desa di wilayah KBB. Namun Ade belum bisa merinci mana saja desa itu. Tersangka AS sudah beroperasi sejak satu tahun lalu. 
 
"Setahun berjalan, sejak uli tahun lalu. Kemana saja (kartu palsu BPJS) itu disebar oleh AS, masih kita dalami," tutur Ade. [P]
 
Sumber Merdeka.com


Tulis Komentar