Nasional

Naik Heli, Sri Sultan HB X Ikut Meriahkan JAS 2018

GILANGNEWS.COM - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekaligus Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X ikut memeriahkan ajang 'Pelangi Nusantara' Jogja Air Show (JAS) 2018. Sultan datang menggunakan helikopter colibri ke lokasi utama JAS di Pantai Depok, Kretek, Bantul, Minggu (18/2/2018).

Helikopter yang membawa Sultan langsung landing di Runway Pantai Depok. Sultan tidak seorang diri, di dalam helikopter Sultan didampingi Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Novyan Samyoga.

Kedatangan Sultan menarik perhatian para pengunjung JAS 2018. Mereka berkerumun di samping panggung utama JAS untuk mengabadikan momen tersebut. Warga juga berjejer rapi di tepi landasan pacu sambil melambaikan tangan ke arah Sultan.

Tidak hanya itu, seusai mendarat Sultan langsung disambut panitia dan jajaran pemda yang sudah hadir di lokasi. Di antaranya tampak Kepala Dispar DIY, Aris Riyanto, Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dosrapu DIY, Arya Nugrahadi dan Bupati Bantul, Suharsono.

Tidak hanya itu, kedatangan Sultan juga disambut dengan tarian. Setelah itu, Sultan bersama rombongan berjalan pelan ke panggung tamu yang sudah disediakan panitia.

Sebenarnya di hari pertama pelaksanaan JAS atau Sabtu kemarin, Sultan juga melakukan joyflight dengan didampingi Kapolda DIY, Ahmad Dofiri dan Novyan Samyoga. Sultan terbang menggunakan pesawat TP 120 Grob dari Lanud Adisutjipto kemarin.

Bedanya, joyflight yang dilakukan Sultan kemarin hanya untuk melihat persiapan JAS 2018 dan progres pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo dari atas.

Danlaud Adisutjipto, Marsma TNI Novyan Samyoga mengatakan, joyflight yang dilaksanakan Sultan kemarin kurang lebih berlangsung satu jam. Pihaknya memang sengaja mengundang Sultan untuk menikmati joyflight dan terbang dengan helikopter di JAS 2018.

"Kami berharap, mudah-mudahan tahun ini (pengunjung JAS 2018) bisa mencapai 52 ribu pengunjung," kata Novyan dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Minggu (18/2/2018).

Sementara Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanto menambahkan, Sultan berangkat ke Pantai Depok menggunakan helikopter dengan dijemput di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta oleh panitia. Kemudian rombongan Sultan terbang dan mendarat di Runway Pantai Depok.


Tulis Komentar