Dunia

Sempat Tertinggal, Real Madrid Kalahkan Real Betis 5-3

Ronaldo merayakan golnya ke gawang Betis. (Foto: REUTERS/Jon Nazca)

GILANGNEWS.COM - Delapan gol tercipta saat Real Betis menjamu Real Madrid di Estadio Benito Villamarin pada laga lanjutan pekan ke-24 La Liga, Senin (19/2/2018) dini hari WIB. Los Blancos keluar sebagai pemenang dengan hasil akhir 5-3.

Lima gol Madrid dicetak oleh Marco Asensio (11' dan 59'), Sergio Ramos (50'), Cristiano Ronaldo (66'), dan Karim Benzema (90+2'). Sedangkan tiga gol balasan Betis tercipta oleh Aissa Mandi (33'), Sergio Leon (85'), dan gol bunuh diri Nacho Fernandez (37').

Adapun dengan kemenangan ini, Madrid tetap kokoh di posisi keempat dengan mengoleksi 45 poin atau tertinggal satu angka dari Valencia di posisi ketiga. Masih ada peluang menyalip karena Madrid punya satu laga tunda. Sementara Betis harus turun ke posisi kesembilan dengan koleksi 33 angka.

Pada laga ini, Zinedine Zidane melakukan beberapa perubahan di 11 pemain starter. Dengan tidak adanya Toni Kroos yang cedera, Madrid turun dengan formasi 4-4-2. Casemiro dan Mateo Kovavic diduetkan di lini tengah, sementara Lucas Vazquez dan Marco Asensio mengisi sektor sayap.

Untuk lini depan, Zidane memilih memasangkan Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo. Di lini belakang, Sergio Ramos dan Nacho Fernandez menjadi bek tengah, sedangkan Dani Carvajal dan Marcelo mengisi posisi bek sayap.

Meski tampil dengan beberapa perubahan, Madrid tetap menjadi lawan yang tangguh bagi Betis. Terbukti ketika laga baru berjalan 10 menit, tim tamu berhasil membuka keunggulan lewat gol yang dicetak Asensio. Gol ini berawal ketika sepakan Ronaldo berhasil ditepis kiper, bola muntahnya kemudian bisa disundul oleh Asensio.

Setelah unggul, Madrid justru balik tertekan karena Betis bermain lebih mengancam. Usaha ini pun berbuah manis karena beberapa peluang lahir dari sepakan Loren Morón dan sundulan Alessa Mandi, tetapi usaha mereka belum menemui sasaran. Ada pula peluang emas dari tendangan bebas Joaquin yang mengarah ke pojok kanan atas gawang dan bola masih bisa ditepis oleh Keylor Navas.

Setelah berkali-kali mencoba, Real Betis menyamakan kedudukan pada menit ke-34. Adalah Mandi yang kali ini berhasil membobol gawang Navas dengan sundulannya seusai memanfaatkan umpan silang Joaquin dari sisi kanan.

Tak berselang lama, strategi menekan Betis kembali berbuah manis dan berbalik unggul berkat gol bunuh diri Nacho. Gol ini berawal dari Joaquin yang berhasil merebut bola kemudian mengirim umpan terobosan kepada Junior Firpo. Pemilik nama terakhir dan melepaskan sepakan yang bisa ditepis Navas. Namun, Nacho justru membelokkan bola ke gawangnya sendiri.

Nasib sial Madrid bertambah di babak pertama ini setelah Marcelo harus ditarik keluar karena mengalami masalah di otot paha kanannya. Dia digantikan oleh Theo Hernandez.

Memasuki babak kedua, Madrid tak membiarkan Betis menguasai bola terlalu lama. Mereka pun berhasil menyamakan kedudukan ketika laga baru berjalan lima menit lewat Ramos. Gol ini berawal dari sepak pojok Vazquez dan Ramos menyambutnya dengan sundulan yang tak bisa dibendung Antonio Adan.

Dengan perubahan strategi ini, tak butuh waktu lama bagi Los Blancos membalikkan kedudukan menjadi 3-2. Di menit ke-58, Asensio menjadi penyelamat Madrid dengan mencetak gol keduanya seusai menyontek umpan silang Carvajal.

Balik tertinggal, permainan Betis mulai kacau dan lengah. Kondisi ini akhirnya bisa dimanfaatkan Madrid untuk menambah keunggulan pada menit ke- 66. Kali ini, Ronaldo berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah meneruskan umpan Casemiro dengan sepakan kerasa kaki kanan yang keras.

Periode akhir laga berlangsung ketat. Lima menit menjelang waktu normal berakhir, Betis mampu memperkecil kedudukan menjadi 3-4 lewat Sergio Leon. Situasi tersebut tidak bertahan lama karena Madrid kembali melebarkan keunggulan menjadi 5-3 seusai pemain pengganti, Karim Benzema, mencetak gol pada masa injury time. Tak ada gol tambahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

 


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar