Nasional

Persija Menang, Anis Dilarang Dampingi Jokowi Serahkan Piala

GILANGNEWS.COM - Presiden Joko Widodo dan rombongannya meninggalkan tempat duduk VVIP menuju lapangan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno di tengah gempita Jak Mania. Rombongan tersebut hendak menyertai Jokowi yang akan menyerahkan Piala Presiden kepada Persija Jakarta yang menang dalam laga final melawan Bali United dengan skor 3-0.

Di antara rombongan tersebut terlihat Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi menuruni tangga tribun penonton. Namun, ketika giliran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pemimpin tuan rumah yang klubnya memenangi kejuaran tersebut, justru tidak diperkenanakan turun oleh seorang petugas pasukan pengamanan presiden.

Petugas Paspampres tampak berbicara kepada Anies, namun tak jelas apa yang dikatakan petugas tersebut. Anies yang sudah mengenakan kaos oranye khas pendukung Persija menyurutkan niat untuk ikut menyerahkan piala kemenangan bagi klub asal ibu kota. Ia kembali ke tempat duduknya di VVIP.

Hingga kini tak jelas alasan dicegahnya Anies yang berniat bergabung dengan rombongan Jokowi tersebut. Padahal, menurut salah satu saksi yang mendampingi Anies, yakni Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andreas Rosyida, sang gubernur sempat tercatat sebagai bagian rombongan penyerahan piala. Belakangan ia tahu nama Anies dicoret dari daftar orang yang menyerahkan piala.

"Awalnya sudah diinfokan oleh panitia, bahwa Mas Anies akan turun. Pas waktu mau turun disetop oleh Paspampres. Alasannya namanya dicoret," terang Andre Minggu (18/2).

Muncul dugaan terjadi pelanggaran protokol saat insiden tersebut. Dugaan itu merujuk pada UU Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan yanag menjelaskan tiap pejabat yang menjadi tuan rumah wajib mendampingi Presiden dan atau Wapres dalam sebuah acara.

Peraturan tersebut tertulis dalam Pasal 13, yang berbunyi:

Tata Tempat bagi penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah dalam pelaksanaan Acara Resmi sebagai berikut:

a. dalam hal Acara Resmi dihadiri Presiden dan/atau Wakil Presiden, penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah mendampingi Presiden dan/atau Wakil Presiden.

b. dalam hal Acara Resmi tidak dihadiri Presiden dan/atau Wakil Presiden, penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah mendampingi Pejabat Negara dan/atau Pejabat Pemerintah yang tertinggi kedudukannya.

Anies, Istana, dan Panitia Tak Permasalahkan Insiden Tersebut

Walaupun masih menimbulkan polemik, Anies sendiri tak mempermasalahkan insiden tersebut. Ia menilai kemenangan Persija merupakan hal yang lebih utama dibandingkan membesarkan persoalan itu.

"Dari tadi malam itu yang penting Persija menang. Saya di mana enggak penting, yang penting Persija menang. Saya merasa bangga," kata Anies di Balai Kota saat menjamu tim Persija dan Jakmania, Minggu (18/2).

Sementara itu, Steering Committee Piala Presiden Maruara Sirait menjelaskan tak semua pejabat dapat ikut serta dalam penyerahan piala. Ia tak ingin insiden tersebut dibesar-besarkan. "Jangan mengadu-ngadu dua sahabat saya, Jokowi sama Anies," ujar dia.

Pihak Istana pun menampik ada kesengajaan melarang Anies ikut rombongan Jokowi. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menilai Paspampres yang mencegat Anies menjalankan tugas sesuai aturan dengan hanya membolehkan nama-nama yang sudah tercatat untuk mendampingi Jokowi melakukan penyerahan piala.

"Tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia. Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Joko Widodo," ujar Bey dalam keterangan persnya.

Meski sempat dicegat, Anies pun tetap berinisiatif menemui langsung penggawa Persija seusai Jokowi menyerahkan piala. Insiden tersebut tak menyurutkan Anies mengapresiasi Persija. Baginya, kemenangan Persija membawa berkah.

"Persija telah mengembalikan kebahagiaan lewat kemenangan. Selamat untuk kemenangan ini, kami makin bangga dengan Persija dan akan terus dukung Persija, termasuk segera siapkan stadion," sebut Anies

Meski ada insiden, kemenangan Persija malam itu tetap dirayakan dengan suka cita.


Tulis Komentar