Pekanbaru

Riau Butuh 2 Helikopter Untuk Tangani Karhutla

GILANGNEWS.COM - Riau butuh 2 helikopter untuk penanganan Karhutla. Idealnya seperti itu. Namun BPBD Riau baru akan meminjam 1 helikopter saja untuk sementara ini.

"Kita lihat dulu eskalasinya seperti apa. Kalau semakin tinggi, maka diajukan lagi tambahan peminjaman heli," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Rabu (21/2/2018).

Idealnya, kata dia, Riau butuh 2 heli. Selain untuk melakukan water bombing, helikopter itu bisa dipergunakan untuk patroli udara oleh tim Satgas Karhutla.

Dia berkata, persoalannya memang untuk saat ini jumlah unit heli itu terbatas. Sementara yang membutuhkan fasilitas itu bukan hanya Riau, tapi juga daerah lain yang dianggap rawan Karhutla.

Pemprov Riau, kata Edwar, sudah melayangkan surat peminjaman helikopter ke BNPB. Itu dilakukan untuk memudahkan kerja tim Satgas Karhutla dalam mengatasi masalah kebakaran.

"Sampai sekarang kami masih mengunggu. Mungkin dalam waktu dekat saya akan langsung ke Jakarta untuk membicarakan ini dengan BNPB. Kalau segera dipinjamkan, segera pula kami bisa melakukan penanganan," sambungnya.

Untuk diketahui, sepanjang awal tahun 2018 luasan lahan yang terbakar di Riau diperkirakan sekitar 300-500 hektare. Angka ini meningkat sekitar 25% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pada periode sama.


Tulis Komentar