Pekanbaru

LE-Hardianto Silaturahmi ke Ponpes di Siak, Diskusikan tentang Nasib Santri dan Ustaz

GILANGNEWS.COM - Calon gubernur dan wakil gubernur Riau "Zaman Now" HM Lukman Edy dan Hardianto, hari ini, Senin (26/2/2018), bersilaturahmi dengan Pimpinan Pondok Pesantren se-Kabupaten Siak di Pondok Pesantren Fataha, Desa Merdan Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Menurut mantan Ketua Pansus RUU Pemilu ini, sudah jamak terjadi pemerintah kurang peduli dengan kemajuan pondok pesantren.

"Seharusnya pemerintah memperhatikan infrastruktur pesantren agar para santri nyaman belajar di lingkungan pesantren, tidak apa-apa satu kamar diisi 10 santri asalkan terjaga kebersihannya. Agar tidak lagi ada santri yang menderita gatal-gatal ketika sedang belajar," ujarnya disambut tawa santri.

Lebih lanjut, Lukman juga menyoroti kurangnya kesejahteraan para pengajar, yakni ustaz dan ustadzah yang menerima penghasilan jauh di bawah rata-rata upah minimum provinsi.

"Oleh karena itu pemerintah mendatang harus mampu menjamin kesejahteraan ustaz dan ustadzah minimal setara dengan upah minimum Kabupaten Siak," ujar Lukman.

Selain itu, pemerintah mendatang menurut Lukman harus mampu menjaga keberlangsungan para santri dan pondok pesantren.

"Santri minimal harus tamat Aliyah, kalau bisa harus setinggi-tingginya, sehingga santri yang cerdas dan hafal alquran tidak putus sekolah, kalau perlu dibantu hingga kuliah di luar negeri,"lanjut mantan wakil Ketua Komisi II DPR ini.

Sebagai informasi, Pondok Pesantren Fataha yang diasuh oleh Drs. H Khairun Ahyar ini berdiri sejak awal 1990-an dengan jumlah santri sekitar 300 santri dan santriwati, dan telah meluluskan ratusan ribu santri/santriwati.


Tulis Komentar