Nasional

Unpad Buka Kampus Baru di Pangandaran, 50 Persen Mahasiswa Gratis

Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr.
Loading...
Gilangnews.com – Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka kampus baru di Pangandaran, Jawa Barat.
 
Pembukaan ini untuk meningkatkan akses masyarakat Jabar terhadap perguruan tinggi yang hingga kini masih rendah.
 
“Sesuai perbincangan dengan Pemprov Jabar, Unpad, ITB, dan IPB akan buka di luar domisili. ITB di Cirebon, IPB di Sukabumi, dan Unpad di Pangandaran,” ujar Rektor Unpad, Prof Dr med Tri Hanggono Achmad dr di Bandung, Selasa (26/7/2016).
 
Tri menjelaskan, ada lima prodi berakreditasi A yang sudah disiapkan. Yakni Perikanan, Peternakan, Ilmu Komunikasi, Agribisnis, dan Keperawatan. Kelima prodi ini dipilih berdasarkan tingkat kebutuhan Pangandaran dan wilayah sekitarnya.
 
“Tujuan pembukaan kampus ini untuk mendorong perkembangan wilayah dan meningkatkan pembangunan Jabar. Karena itulah dipilih lima prodi ini. Misalnya perikanan karena potensi Pangandaran yang luar biasa,” tuturnya.
 
Begitu pun Keperawatan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Idealnya untuk meningkatkan kesehatan dibuka prodi kedokteran. Namun membuka prodi kedokteran membutuhkan infrastruktur yang banyak.
 
Mahasiswa yang akan diterima di Unpad Pangandaran diutamakan yang berdomisili di Pangandaran sekitarnya.
 
“50 persen mahasiswa dari Pangandaran dan sekitarnya,” ucapnya.
 
Ke-50 persen mahasiswa ini, sambung Tri, akan mendapatkan beasiswa dengan catatan setelah lulus harus membaktikan dirinya di Pangandaran dan sekitarnya.
 
Tri menjelaskan, untuk angkatan pertama yang pendaftarannya sudah dibuka ini berisi 30 orang. Mereka akan dibimbing oleh dosen Unpad yang sudah ada dan masing-masing prodi diperkuat seorang profesor.
 
“Rasio dosen dan mahasiswa kami cukup. Tidak ada masalah,” tuturnya seraya mengatakan semua program yang dibuka untuk jenjang S1. [P]
 
Sumber Kompas.com


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar