Pekanbaru

Rencana Pemasangan 1.000 CCTv di Kota Pekanbaru, Pengamat: Kuncinya di Pengelolaan

Kota Pekanbaru.

GILANGNEWS.COM - Kota Pekanbaru, Provinsi Riau direncanakan bakal dipasangi 1.000 kamera pengawas (CCTv) yang ditempatkan ditiap sudut kota. Pemasangan rencananya dilakukan secara bertahap, dengan target lima tahun.

Informasinya, untuk tahap awal (Tahun 2018, red), pihak Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo), Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru akan mengusulkan sebanyak 50 unit CCTv, sesuai kemampuan keuangan Pemerintah Kota Pekanbaru.

CCTv tersebut ada dua jenis, pertama untuk menganalisa dan kedua jenis biasa yang hanya bisa menampilkan gambar. Jika rencana ini terealisasi, tentunya Kota Pekanbaru akan lebih maju, dan memudahkan berbagai hal dari segi pengawasan.

Pengamat Tata Kota Mardianto Manan mengatakan, Pekanbaru yang sudah menjadi Kota Metropolitan tentunya sangat membutuhkan kamera pengawas (CCTv), seperti halnya yang dilakukan oleh sejumlah daerah maju.

Namun, CCTv ini akan efektif jika pengelolaannya bagus dan maksimal. "Pekanbaru memang butuh itu (CCTv, red), apalagi sudah metropolitan, namun kuncinya di pengelolaan, siapa merawat, siapa yang perbaiki dan menjaga nanti," Mardianto Manan menanggapi.

Menurutnya rencana tersebut tidak ada masalah, bahkan tentunya akan berdampak positif dalam berbagai aspek. "Efektivitas CCTv itu tergantung apakah dimanfaatkan atau tidak, makanya manajemen pengelolaan perlu difikirkan," bincangnya kepada wartawan.

"Kalau ada manajemen pengelolaannya, misalnya siapa yang merawat, kalau rusak siapa yang memperbaiki dan sebagainya juga harus dipersiapkan, sehingga CCTv-nya terawat dan bisa digunakan secara maksimal," pungkas Mardianto Manan.

Jika rencana ini terealisasi, atau setidaknya untuk tahap awal (50 unit CCTv, red), Kota Pekanbaru tentu bakal lebih modern, bahkan dapat pula membantu upaya kepolisian dalam menjaga Kamtibmas, termasuk meminimalisir dan mempercepat identifikasi terhadap pelaku kejahatan jalanan.


Tulis Komentar