Pekanbaru

Paparkan Konsep Riau Madani, Rusli Ingin Lahirkan Banyak Ulama Sekelas Ustadz Abdul Somad

GILANGNEWS.COM - Kampanye dialogis paslon nomor urut 3 Firdaus-Rusli Effendi yang berlangsung di Kelurahan Sam sam, Kabupaten Siak hari ini mengupas visi Riau Madani yang disampaikan langsung cawagub Rusli Effendi, Jumat 2 Maret 2018. Hadir dalam acara tersebut antara lain anggota DPR-RI Said Abu Bakar Assegaf dari Fraksi Demokrat, Dr. Koko Iskandar mewakili DPD Partai Demokrat Riau, Muhammad Arrum, DPRD Kabupaten Siak mewakili Partai Demokrat Siak.

Madani yang dimaksud paslon Firdaus -Rusli bertujuan mempererat kebhinekaan. Di Riau yang suku aslinya melayu, juga didiami suku-suku lain seperti suku jawa, batak, minang dan lain lain.

“Riau madani yang kami maksud merujuk pada konsep masyarakat Madinah yang dicontohkan Rasulullah SAW kepada kita, yakni menyatukan kaum muhajirin dan anshor, yang sama artinya menyatukan suku melayu dengan suku pendatang.” jelas Rusli Effendi.

Rusli Effendi melanjutkan, suku pendatang yang menetap di Riau dalam skema masyarakat madani sudah harus menjadi bagian dari keluarga besar melayu.

“Melayu harus jadi identitas pemersatu bagi kita. Jadi orang batak di Riau sudah harus mulai mengatakan bahwa dia adalah orang melayu asal batak, begitu juga dengan jawa dan minang, dengan begitu persatuan kita akan kokoh dan Riau madani akan menjadi kenyataan.” ungkap Rusli.

Namun kebhinekaan saja tidak cukup. Menurut Rusli, prinsip kemandirian ekonomi merupakan hal penting dalam mewujudkan masyarakat yang baldhatun thoyibatun warobbur ghafur.

“Pendidikan, baik itu modern maupun peningkatan akhlak adalah program pokok untuk meningkatkan sumber daya manusia. Untuk itu, kami memprogramkan beasiswa keluar negeri S2 dan S3 masing masing sebanyak 100 orang pertahun.” sebut Rusli.

Sedang perbaikan akhlak, Rusli menyinggung akan menyekolahkan calon ustadz untuk kuliah diluar negeri, utamanya negeri-negeri Arab.

“Ustadz Abdul Somad itu hebat karena S1 di Mesir dan S2 di Maroko. Karena itu kita harus memperbanyak Abdul Somad lainnya di Riau agar lahir ulama-ulama terpandang yang akan menjadi pelita bagi seluruh umat, insyaallah tidak hanya di Riau tapi juga diseluruh Indonesia.” tutupnya.


Tulis Komentar